Pengaruh faktor usability, user experience dan brand image terhadap minat mahasiswa UIN KHAS Jember menggunakan layanan bank digital SeaBank

Okta Fianti, Vipta Riani (2025) Pengaruh faktor usability, user experience dan brand image terhadap minat mahasiswa UIN KHAS Jember menggunakan layanan bank digital SeaBank. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Vipta Riani Okta Fianti_212105010074.pdf

Download (3MB)

Abstract

Vipta Riani Okta Fianti, Nadia Azalia Putri, 2025: Pengaruh Faktor Usability,
User Experience dan Brand Image Terhadap Minat Mahasiswa UIN KHAS Jember
Menggunakan Layanan Bank Digital SeaBank.
Kata kunci: faktor usability, user experience, brand image, mahasiswa UIN KHAS
Jember, bank digital SeaBank.

Transformasi digital perbankan menjadi prioritas untuk memenuhi
kebutuhan layanan keuangan yang cepat, efisien, dan mudah diakses. OJK
menyatakan bahwa percepatan digitalisasi ini tidak dapat dihindari. Dengan
kehadiran bank digital seperti SeaBank mampu memenuhi kebutuhan tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah faktor usability
berpengaruh terhadap minat mahasiswa UIN KHAS Jember dalam menggunakan
layanan bank digital SeaBank? 2) Apakah user experience berpengaruh terhadap
minat mahasiswa UIN KHAS Jember dalam menggunakan layanan bank digital
SeaBank? 3) Apakah brand image berpengaruh terhadap minat mahasiswa UIN
KHAS Jember dalam menggunakan layanan bank digital SeaBank? 4) Apakah
faktor usability, user experience dan brand image berpengaruh secara simultan
terhadap minat mahasiswa UIN KHAS Jember dalam menggunakan layanan bank
digital SeaBank?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menguji pengaruh faktor usability
terhadap minat mahasiswa UIN KHAS Jember dalam menggunakan layanan bank
digital SeaBank. 2) Untuk menguji pengaruh user experience terhadap minat
mahasiswa UIN KHAS Jember dalam menggunakan layanan bank digital SeaBank.
3) Untuk menguji pengaruh brand image terhadap minat mahasiswa UIN KHAS
Jember dalam menggunakan layanan bank digital SeaBank. 4) Untuk menguji
pengaruh faktor usability, user experience dan brand image secara simultan
terhadap minat mahasiswa UIN KHAS Jember dalam menggunakan layanan bank
digital SeaBank.
Penelitian ini menggunakan jenis asosiatif dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa UIN KHAS Jember yang memiliki
rekening bank digital SeaBank dengan jumlah sampel 100 orang. Analisis data yang
digunakan adalah uji instrumen data, uji statistik deskriptif, analisis regresi linier
berganda, uji hipotesis, uji koefisien determinasi (R2), dan uji asumsi klasik.
Simpulan penelitian ini adalah: 1) Faktor usability berpengaruh secara
signifikan terhadap minat mahasiswa UIN KHAS Jember menggunakan layanan
bank digital SeaBank. 2) User experience berpengaruh secara signifikan terhadap
minat mahasiswa UIN KHAS Jember menggunakan layanan bank digital SeaBank.
3) Brand image berpengaruh secara signifikan terhadap minat mahasiswa UIN
KHAS Jember menggunakan layanan bank digital SeaBank. 4) Faktor usability,
user experience dan brand image berpengaruh signifikan secara simultan terhadap
minat mahasiswa UIN KHAS Jember menggunakan layanan bank digital SeaBank.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Viptariani Oktafianti
Date Deposited: 13 Mar 2025 04:01
Last Modified: 13 Mar 2025 04:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40044

Actions (login required)

View Item View Item