Safina, - (2021) Implementasi Program Tahfidzul Al-Qur’an di Tahfidz Kids Club ArRaihaan Jember Tahun 2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Safina_084141324.pdf Download (6MB) |
Abstract
Safina, 2021: “Implementasi Program Tahfidzul Al-Qur’an di Tahfidz Kids Club ArRaihaan Jember Tahun 2021”. Kata Kunci : Implementasi, Tahfidz, TKC Ar-Raihaan Menghafal Al-Quran merupakan suatu keutamaan yang besar dan posisi itu selalu didambakan oleh semua orang yang besar dan orang yang bercita-cita tulus, serta berharap pada kenikmatan duniawi dan ukhrawi agar manusia nanti menjadi hamba Allah dan dihormati dengan penghormatan yang sempurna. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tujuan implementasi program tahfidzul Qur’an untuk siswa Juz 30 di TKC Ar-Raihaan Jember?; 2) Bagaimana materi implementasi program tahfidzul Qur’an untuk siswa Juz 30 di TKC ArRaihaan Jember?; 3) Bagaimana langkah-langkah Implementasi program tahfidzul Qur’an untuk siswa Juz 30 di TKC Ar-Raihaan Jember?; 4) Bagaimana evaluasi implementasi program tahfidzul Qur’an untuk siswa Juz 30 di TKC Ar-Raihaan Jember?. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah Field Research. Adapun tehnik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi non-partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumenter. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Tujuan implementasi program tahfidzul Qur’an untuk siswa Juz 30 di TKC Ar-Raihaan Jember a) Menumbuhkan kesadaran peserta didik agar membiasakan membaca dan menghafal Al-qur’an. b) Mencerdaskan anak-anak dengan ayat Al-Qur’an. c) Menanamkan sesuatu yang positif dan membangun. 2) Materi implementasi program tahfidzul Qur’an untuk siswa juz 30 di TKC Ar-Raihaan Jember ialah sesi pertama (An-Naba’sampai AlBurooj), sesi kedua (At-Taqwir sampai Al-Lail), sesi ketiga (Ad-Dhuhaa sampai AzZalzalah) sesi keempat (Al-Aadiyaat sampai Al-Quraish), sesi kelima (Al-Maa’un sampai An-Naas). 3) Langkah-langkah implementasi program tahfidzul Qur’an untuk siswa Juz 30 di TKC Ar-Raihaan Jember ialah a) Membaca Surah Al-Fatihah, b) Muroja’ah atas ayat-ayat yang sudah dihafalkan sebelumnya. Dengan mentalqin yang di pimpin oleh ustadzah dan menghafal satu surat yang sudah dihafalkan sebelumnya secara berulang-ulang dan bersama-sama, c) Mendengarkan murotal bersama kemudian menirukannya, d) Sholat dhuha, e) Berdo’a setelah sholat Dhuha, f) Membaca Juz 30 secara bergiliran, g) Istirahat dengan meminum secara bergantian dan biasanya mendapatkan minum susu dan roti selama 30 menit, i) Setoran hafalan, j) Doa penutup pembelajaran. 4) Evaluasi yang dilakukan oleh muyassir atau guru tahfidz yaitu meliputi beberapa aspek, kelancaran, tajwid, dan makhorijul huruf. Ada evaluasi harian, evaluasi mingguan dan bulanan. Evaluasi harian siswa menggunakan buku penghubung untuk memantau perkembangan harian hafalan para siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 23 May 2022 04:09 |
Last Modified: | 23 May 2022 04:09 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4008 |
Actions (login required)
View Item |