Sugiyarto, Ahmad Fuji (2025) EfeKtivitas Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Dalam Pelayanan Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia KCP Kencong Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.
![]() |
Text (SK 007 PS 2025)
Ahmad Fuji Sugiyarto_212105010044.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Kata Kunci: Efektivitas, Artficial Intelligence (AI) dan Pelayanan Nasabah
Pada era society bentuk aktivitas dan pencaharian mampu dirubah dengan teknologi, membuat aktivitas semuannya serba canggih bahkan dalam hal pelayanan saat ini dapat dilakukan dengan cara digital. Pembaruan ini diciptakan dalam menghadapi kompetisi dalam perubahan kemajuan ekonomi, ada banyak terobosan baru yang muncul salah satunya adalah dengan Artificial Intelligence (AI) yang dapat mempermudah dalam layanan service. AI yang digunakan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Kencong Jember berbentuk layanan chatbots Aisyah yang terdapat pada aplikasi BYOND by BSI yang siap memberikan pelayanan terbaik, dan responsive terhadap kebutuhan nasabah selama 24 jam.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka fokus dari permasalah yang akan diteliti adalah : 1) Bagaimana efektivitas dari penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam pelayanan nasabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Kencong Jember dan 2) Apa saja kendala pada penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam pelayanan nasabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Kencong Jember.
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam pelayanan nasabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Kencong Jember dan 2) Untuk mengetahui kendala pada penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam pelayanan nasabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Kencong Jember.
Peneliti dalam mengidentifikasi permasalahan pada penelitian tersebut menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif atau penelitian lapangan. Dimana penelitian ini harus terun langsung kelapangan untuk dapat memperluas temuan dalam penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas penggunaan Artificial Intelligence (AI) sangat efektif dalam membantu pelayanan nasabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Kencong Jember, dengan AI dapat memungkinkan merespon layanan nasabah dan proses transaksi menjadi lebih efisien, cepat, akurat, dan personal, AI juga dapat memberikan rekomendasi produk sesuai kebutuhan nasabah serta mampu meminimalisir adanya potensi kesalahan manusia. Untuk kendala yang terjadi pada penggunaan Artificial Intelligence (AI) disebabkan oleh beberapa aspek penting. Pertama kendala akibat keterbatasan pemahaman tentang teknologi AI. Kedua keterbatasan infrastruktur teknologi. Ketiga data pribadi nasabah tidak sama. Yang terakhir kendala pada pembaruan sistem dan keamanan yang tidak di perbarui. Apabila kendala diabaikan maka pelayanan tidak akan efektif. Jadi, semakin kuat pengunaan AI maka, pelayanan nasabah dapat dilakukan secara efektif dan optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0801 Artificial Intelligence and Image Processing > 080101 Adaptive Agents and Intelligent Robotics 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0801 Artificial Intelligence and Image Processing > 080199 Artificial Intelligence and Image Processing not elsewhere classified 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mr Ahmad Fuji Sugiyarto |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 06:15 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 02:08 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40083 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |