Strategi Pemasaran Pembiayaan Cicil Emas Melalui Seminar Haji Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Bank Syariah Indonesia KCP Lumajang S Parman)

Faradita, Fitri Wulandari (2025) Strategi Pemasaran Pembiayaan Cicil Emas Melalui Seminar Haji Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Bank Syariah Indonesia KCP Lumajang S Parman). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FITRI WULANDARI FARADITA_211105010056.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FITRI WULANDARI FARADITA_211105010056.pdf

Download (4MB)

Abstract

“Strategi Pemasaran Pembiayaan Cicil Emas
Melalui Seminar Haji Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi BSI KCP
Lumajang S Parman)”.
Kata Kunci: Strategi, Cicil Emas, Pembiayaan.
Pemasaran mempunyai banyak tanggung jawab, seperti mencari sebanyak
mungkin konsumen, melakukan pengumpulan, dan memperkenalkan atau
mempromosikan produk kepada konsumen. Oleh karena itu, melakukan
pemasaran yang baik memerlukan strategi yang baik. Investasi adalah janji untuk
menanamkan dana selama jangka waktu tertentu dengan harapan mendapatkan
pembayaran di masa depan sebagai kopensasi investor. Berbagai macam kalangan
telah lama menyukai emas sebagai salah satu jenis investasi. Investasi tradisional
seperti emas dan logam telah ada sejak lama. Emas adalah investasi yang paling
aman ketika instrumen investasi lain seperti saham mengalami risiko yang tinggi.
Emas adalah jenis investasi yang memiliki tingkat risiko yang rendah, jika tidak
sama sekali. Cicil emas syariah adalah layanan penjualan emas antam kepada
masyarakat secara tunai atau angsuran dengan proses mudah dan jangka waktu
yang fleksibel.
Fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana strategi pemasaran pembiayaan
cicil emas melalui seminar haji di Bank Syariah KCP Lumajang S Parman?. 2)
Apa saja yang menjadi kendala Bank Syariah KCP Lumajang S Parman dalam
melakukan strategi pemasaran cicil emas melalui seminar haji?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi
pemasaran Bank Syariah Indonesia KCP Lumajang S Parman melalui seminar
haji. 2)Untuk mengetahui apa saja yang menjadi kendala Bank Syariah KCP
Lumajang S Parman dalam melakukan strategi pemasaran cicil emas melalui
seminar haji.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan
pemilihan subjek Purposive dan teknik pengumpulan data melalui wawancara,
dan dokumentasi untuk memahami fenomena secara lebih mendalam.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan yakni 1). Hasil penelitian tentang
strategi pemasaran pembiayaan cicil emas melalui seminar haji di Bank Syariah
Indonesia (BSI) KCP Lumajang S Parman menunjukkan bahwa strategi ini efektif
dalam menarik perhatian nasabah. Seminar haji memberikan kesempatan bagi BSI
untuk mempromosikan produk cicil emas secara langsung kepada calon nasabah
yang tertarik dengan investasi syariah. 2). Penelitian juga menemukan beberapa
hambatan, seperti proses akad yang terlambat akibat perubahan harga emas dan
kesulitan dalam menghubungi calon nasabah. Beberapa nasabah merasa khawatir
tentang penipuan sehingga ragu untuk menerima panggilan dari bank.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Fitri Wulandari Faradita
Date Deposited: 18 Mar 2025 06:38
Last Modified: 18 Mar 2025 06:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40112

Actions (login required)

View Item View Item