Pengaruh Literasi Digital dan Literasi Media Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Terhadap Creative Thinking Dan Critical Thinking And Problem Solving Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Jember

Anwari, Annisa' Fitriyah (2025) Pengaruh Literasi Digital dan Literasi Media Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Terhadap Creative Thinking Dan Critical Thinking And Problem Solving Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Jember. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Annisa' Fitriyah Anwari_223206030051.pdf

Download (71MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan berkembang nya teknologi dan informasi yang pesat pada abad 21 yang mana menuntut individu untuk mampu beradaptasi dengan cepat dan efektif dan meningkatkan persaingan di berbagai bidang, sehingga keterampilan pada abad 21 yaitu berpikir kritis dan kreatif, komunikasi, dan kolaborasi menjadi sangat penting. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti memiliki peran strategis dalam membentuk keterampilan abad 21. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tidak hanya mengajarkan nilai-nilai spiritual dan moral, tetapi juga dapat menjadi wahana untuk mengembangkan budaya literasi yang mendukung penguasaan 4C.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara parsial pengaruh literasi digital terhadap keterampilan creative thinking, pengaruh literasi media terhadap keterampilan creative thinking, pengaruh literasi digital terhadap keterampilan critical thinking and problem solving, pengaruh literasi media terhadap keterampilan critical thinking and problem solving dan menguji secara simultan pengaruh literasi digital dan media terhadap keterampilan creative thinking dan pengaruh literasi digital dan media terhadap keterampilan critical thinking and problem solving.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling sejumlah 298 orang peserta didik dari populasi 1170 orang peserta didik di SMA Negeri 01 Jember. Analisis yang dilakukan menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Uji hipotesis dilakukan dengan bantuan software Statistical Package for the Sciences (SPSS) versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi digital secara parsial berpengaruh terhadap creative thinking dengan nilai t_hitung > t_tabel yaitu 2,239 > 1,960, literasi media secara parsial berpengaruh terhadap creative thinking dengan nilai t_hitung > t_tabel yaitu 3,363 > 1,960, literasi digital secara parsial berpengaruh terhadap critical thinking and problem solving dengan nilai t_hitung > t_tabel yaitu 3,310 > 1,960, literasi media secara parsial berpengaruh terhadap critical thinking and problem solving dengan nilai t_hitung > t_tabel yaitu 9,394 > 1,960, literasi digital dan literasi media secara simultan berpengaruh terhadap creative thinking dengan nilai f_hitung > f_tabel yaitu 59,508 > 3,04, literasi digital dan literasi media secara simultan berpengaruh terhadap critical thinking and problem solving dengan nilai f_hitung > f_tabel yaitu 310, 123 > 1,960.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Annisa' Fitriyah Anwari
Date Deposited: 20 Mar 2025 03:11
Last Modified: 20 Mar 2025 03:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40158

Actions (login required)

View Item View Item