Konsep Pendidikan Humanis Perspektif Ki Hadjar Dewantara

AMANDA, PRATIWI (2021) Konsep Pendidikan Humanis Perspektif Ki Hadjar Dewantara. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.

[img] Text
AMANDA PRATIWI_T20179078.pdf

Download (4MB)

Abstract

Amanda Pratiwi, 2021 : Konsep Pendidikan Humanis Perspektif Ki Hadjar Dewantara Kata kunci : Pendidikan Humanis, Ki Hadjar Dewantara Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa pendidikan di Indonesia dewasa ini kehilangan aspek-aspek humanis (manusiawi) karena berlandaskan pada paradigma dan metode yang tidak memberikan ruang kepada peserta didik untuk dapat berkembang sesuai dengan potensi yang mereka miliki, serta kehilangan nilai-nilai luhur yang menjadi pijakan terbentuknya negara ini. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana konsep manusia dalam pendidikan humanis perspektif Ki Hadjar Dewantara? 2) Bagaimana konsep guru dalam pendidikan humanis perspektif Ki Hadjar Dewantara? 3) Bagaimana konsep peserta didik dalam pendidikan humanis perspektif Ki Hadjar Dewantara? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan konsep manusia dalam pendidikan humanis perspektif Ki Hadjar Dewantara 2) Mendeskripsikan konsep guru dalam pendidikan humanis perspektif Ki Hadjar Dewantara 3) Mendeskripsikan konsep peserta didik dalam pendidikan humanis perspektif Ki Hadjar Dewantara Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library reserch) yaitu menghimpun data dengan cara menggunakan bahan-bahan tertulis seperti : buku, artikel, surat kabar, majalah dan dokumen lainnya, yang sekiranya dapat menjadi referensi bagi penelitian ini. Adapun data dalam penelitian ini menggunakan data primer yaitu data pokok yang digunakan sebagai bahan utama dalam penelitian ini dan data sekunder yaitu data penunjang yang secara tidak langsung bersinggungan dengan penelitian. Penggolahan data yang dipakai adalah metode deskriptif analitik yaitu setelah data terkumpul, maka diklasifikasikan sesuai dengan masalah yang dibahas dan dianalisis isinya (content analysis), dibandingan data yang satu dengan yang lainnya kemudian diinterpretasikan dan kemudian diberi kesimpulan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Ki Hadjar Dewantara memandang bahwa manusia lebih pada sisi kehidupan psikologinya. Tercermin pada tulisan beliau bahwa manusia memiliki daya jiwa yaitu cipta, karsa dan karya. 2) Ki Hajar Dewantara memandang guru adalah sosok yang bisa dijadikan pemimpin, di depan dapat memberi contoh keteladanan, di tengah dapat membangkitkan motivasi dan di belakang mampu memberikan pengawasan. 3) Ki Hadjar Dewantara memandang peserta didik adalah manusia yang mempunyai kodratnya sendiri dan juga kebebasan dalam menentukan hidupnya, hal tersebut tercermin dalam metode among.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 23 May 2022 07:44
Last Modified: 23 May 2022 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4016

Actions (login required)

View Item View Item