IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH DALAM PENGEMBANGAN AKHLAK SISWA KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NAHDLATUL ULAMA' GENTENG BANYUWANGI

Maulida, Nur Layli (2025) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH DALAM PENGEMBANGAN AKHLAK SISWA KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NAHDLATUL ULAMA' GENTENG BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK 2 PAI 2025)
Nur Layli Maulida_T20191288.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Layli Maulida, 2025: Implementasi Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal Jamaah Dalam Pengembangan Akhlak Siswa Kelas XI Di SMA NU Genteng Banyuwangi.
Kata Kunci: Implementasi, Nilai-Nilai Aswaja, Akhlak
Pendidikan Aswaja merupakan mata pelajaran yang penting dan banyak diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan Aswaja dapat terwujud dan terlaksanakan secara optimal melalui implementasi pembelajaran nilai-nilai aswaja (tawazun, tawasuth, dan tasmuh) dalam pengembangan akhlak siswa.
Fokus penelitian ini ialah 1) Bagaimana implementasi nilai-nilai Tawasuth dalam Pengembangan Akhlak siswa kelas XI di SMA NU Genteng Banyuwangi? 2) Bagaimana implementasi nilai-nilai Tasamuh dalam PengembanganAkhlak siswa kelas XI di SMA NU Genteng Banyuwangi? 3) Bagaimana implementasi nilai-nilai Tawazun dalam Pengembangan Akhlak siswa kelas XI di SMA NU Genteng Banyuwangi?.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di SMA NU Genteng. Subjek penelitian: Kepala Sekolah, Guru Aswaja, Wali Kelas, dan perwakilan siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data: 1) Observasi 2) Wawancara 3) Dokumentasi. Teknik analisis ini menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Implementasi nilai tawasuth dalam pengembangan akhlak siswa kelas XI di SMA NU Genteng meliputi empat indikator yakni a. Tidak membeda-bedakan teman non muslim yakni menjaga pertemanan siswa muslim dengan non muslim. b. Menghargai keyakinan teman non muslim yakni tidak memaksa kehendak keyakinan dan jangan memandang rendah non muslim. c. Memberikan motivasi disaat upacara bendera yakni memberikan arahan dan motivasi terhadap siswa-siswi terkait peraturan disekolah. d. Menggunakan bahasa yang sopan dan santun yakni menjaga akhlak didalam maupun diluar sekolah terutama terhadap orang yang lebih dewasa. 2) Implementasi nilai tawazun dalam pengembangan akhlak siswa meliputi empat indikator yakni a. Bersikap adil didalam kelas, yakni a.tidak membedakan siswa yang cerdas dan siswa yang masih berusaha. b. Bersikap jujur. c. Mentaati tatatertib sekolah. d. Siswa mendapatkan hak disekolah, yakni hak mendapatkan ilmu, menggunakan fasilitas, mendapatkan bimbingan dari guru. e. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah,. 3) Implementasi nilai tasamuh dalam pengembangan akhlak siswa meliputi dua indikator yakni. a. memberikan cuti untuk memperingati hari besar kristen seperti melaksanakan hari raya natal di Gereja. b. Membantu teman meskipun berbeda agama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Nur Layli Maulida
Date Deposited: 20 Mar 2025 03:31
Last Modified: 28 Jul 2025 03:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40166

Actions (login required)

View Item View Item