PENGGUNAAN MOBILE BANKING DALAM MEMANFAATKAN TRANSFORMASI SEKTOR PERBANKAN DI ERA DIGITAL PADA BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR CABANG JEMBER

Kusuma Dewi, Inggit (2025) PENGGUNAAN MOBILE BANKING DALAM MEMANFAATKAN TRANSFORMASI SEKTOR PERBANKAN DI ERA DIGITAL PADA BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR CABANG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 33 PS 2025)
INGGIT KUSUMA DEWI_211105010071.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Inggit Kusuma Dewi, 2024 : Penggunaan Mobile Banking dalam Memanfaatkan Transformasi Sektor Perbankan di Era Digital pada Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Jember.
Kata kunci : Mobile Banking, Transformasi, Sektor Perbankan, Era Digital
BRI terus berinovasi dalam meningkatkan layanan perbankan melalui transformasi digital, salah satunya dengan aplikasi BRI Mobile. BRI Kantor Cabang Jember dipilih sebagai fokus kajian karena perannya yang strategis dalam mendukung layanan perbankan di wilayah Jember, dengan volume nasabah yang besar dan potensi pengembangan layanan digital yang signifikan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana implementasi aplikasi BRImo sebagai strategi transformasi digital dalam meningkatkan pelayanan perbankan di BRI Kantor Cabang Jember? 2) Bagaimana manfaat penggunaan Mobile Banking terhadap peningkatan efisiensi pelayanan di BRI Kantor Cabang Jember? 3) Apa saja kendala yang dihadapi nasabah dalam menggunakan aplikasi BRImo di BRI Kantor Cabang Jember?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui implementasi aplikasi BRImo sebagai strategi transformasi digital dalam meningkatkan pelayanan perbankan di BRI Kantor Cabang Jember. 2) Untuk mengetahui manfaat penggunaan Mobile Banking terhadap peningkatan efisiensi pelayanan di BRI Kantor Cabang Jember. 3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi nasabah dalam menggunakan aplikasi BRImo di BRI Kantor Cabang Jember.
Penelitian ini bersifat analisis kualitatif dengan jenis Penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang akan digunakan, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara tematik untuk memahami pola dan makna penggunaan mobile banking oleh nasabah di BRI Kantor Cabang Jember.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi digital melalui aplikasi BRI Mobile di BRI Kantor Cabang Jember meningkatkan efisiensi layanan perbankan. Namun, masih ada tantangan seperti kurangnya literasi digital dan kendala teknis pada aplikasi. Bank perlu terus meningkatkan edukasi digital dan infrastruktur untuk memastikan layanan lebih optimal dan inklusif.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa Implementasi BRImo di BRI KC Jember berfokus pada edukasi nasabah, dukungan teknis, dan peningkatan keamanan untuk memaksimalkan layanan digital. Aplikasi ini meningkatkan efisiensi, kepuasan, dan loyalitas nasabah. Meski menghadapi kendala seperti koneksi internet dan literasi teknologi, BRI mengatasinya dengan pembaruan, edukasi, dan layanan responsif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Inggit Kusuma Dewi
Date Deposited: 20 Mar 2025 06:14
Last Modified: 23 Jul 2025 06:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40169

Actions (login required)

View Item View Item