Peran Kepala Sekolah dalam Pendidikan Karakter Siswa di SMP Ainul Yaqin Ajung Jember

TAZQIYATUL CHOLISOH, - (2020) Peran Kepala Sekolah dalam Pendidikan Karakter Siswa di SMP Ainul Yaqin Ajung Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
TAZQIYATUL CHOLISOH_T20163045.pdf

Download (26MB)

Abstract

Tazqiyatul Cholisoh, 2020: Peran Kepala Sekolah dalam Pendidikan Karakter Siswa di SMP Ainul Yaqin Ajung Jember Kata Kunci: Leader, Supervisor, Karakter Siswa Tujuan pendidikan adalah membentuk karakter siswa siswi itu tidak akan terjadi apabila tidak ada peran kepala sekolah terutama peran sebagai leader dan peran sebagai supervisor. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) bagaimana peran kepala sekolah sebagai leader dalam pendidikan karakter siswa di SMP Ainul Yaqin Ajung Jember? 2) bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam pendidikan karakter siswa di SMP Ainul Yaqin Ajung Jember?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai leader dan supervisor dalam pendidikan karakter siswa di SMP Ainul Yaqin Ajung Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa: 1) peran kepala sekolah sebagai leader ada lima aktivitas utama yaitu (a) perumusan visi dilaksanakan oleh kepala sekolah dalam bentuk musyawarah dengan menghadirkan keluarga pengasuh pesantren,(b) menciptakan suasana pendidikan karakter siswa adalah memberikan penguatan pemantapan kepada guru seperti mengadakan seminar, workshop dan mendatangkan pengawas bina. (c) penanaman sikap kepemimpinan terhadap seluruh staff akademik dan non-akademik yaitu leader harus memiliki sifat-sifat (kekuatan, stabilitas emosi, motivasi diri, keterampilan komunikasi, sosial, manajerial dan teknis). (d) meningkatkan pembelajaran dalam pelaksanaan pendidikan karakter siswa yaitu mengedepankan akhlakul karimah kepada nyai, ustad-ustazah dan teman sebaya. (e) mengelola seluruh staff akademik dan nonakademik dalam mempercepat pendidikan karakter siswa yaitu kepala sekolah memposisikan sebagai pembantu maksudnya meringankan kerja staff. 2) peran kepala sekolah sebagai supervisor yaitu Kegiatan supervisi akademik kepala sekolah yaitu pengecekan tugas guru dan pemberian catatan nilai bila diperlukan kemudian dimasukkan dalam buku khusus supervisi di lakukan seminggu sekali, Kegiatan supervisi manajerial yaitu menggunakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Pemantauan, pengamatan, pengarahan dan pembinaan di laksanakan secara langsung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 23 May 2022 07:44
Last Modified: 23 May 2022 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4019

Actions (login required)

View Item View Item