Manajemen Program Keterampilan Vokasi Tata Boga Dalam Mempersiapkan Siswa Disabilitas Pada Dunia Kerja Di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Jember

Fatekhah Putri, Syira Alegra (2025) Manajemen Program Keterampilan Vokasi Tata Boga Dalam Mempersiapkan Siswa Disabilitas Pada Dunia Kerja Di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 3 MPI 2025)
SYIRA ALEGRA PUTRI F_212101030046.pdff.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan, termasuk pendidikan vokasi, memiliki peran penting dalam
pengembangan manusia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia
seluruhnya. Pendidikan vokasi juga memiliki peran penting dalam memberikan
kesempatan bagi setiap orang untuk berkarier, termasuk mereka yang memiliki
disabilitas.
Fokus penelitian yang diteliti dalam proposal ini adalah: 1.) Bagaimana
perencanaan program keterampilan vokasi tata boga dalam mempersiapkan siswa pada dunia kerja di sekolah menengah atas luar biasa Jember? 2.)Bagaimana pelaksanaan program keterampilan vokasi tata boga dalam mempersiapkan siswa pada dunia kerja di sekolah menengah atas luar biasa Jember? 3.)Bagaimana evaluasi program keterampilan vokasi tata boga dalam mempersiapkan siswa pada dunia kerja di sekolah menengah atas luar biasa Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1.) Untuk mengetahui perencanaan program
keterampilan vokasi tata boga dalam mempersiapkan siswa pada dunia kerja di
sekolah menengah atas luar biasa Jember. 2.)Untuk mengetahui pelaksanaan
program keterampilan vokasi tata boga dalam mempersiapkan siswa pada dunia
kerja di sekolah menengah atas luar biasa Jember. 3.)Untuk mengetahui evaluasi program keterampilan vokasi tata boga dalam mempersiapkan siswa pada dunia kerja di sekolah menengah atas luar biasa Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian yang
digunakan adalah studi kasus, Teknik pengambilan subjek menggunakan teknik
purposive, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi, Analisis data menggunakan teori Miles, Hubermain, dan Saldana
yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik
Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) perencanaan program keterampilan
vokasi tata boga dalammempersiapkan siswa disabilitas pada dunia kerja yaitu,
menentukan tujuan program, mempersiapkan kurikulum program, mempersiapkan sumber daya manusia, dan mempersiapkan sarana dan prasarana. 2) pelaksanaan program keterampilan vokasi tata boga dilakukan selama 3 jam dalam seminggu, menggunakan metode teori dan praktik, pelaksanaan program keterampilan vokasi tata boga sudah berkilaborasi dengan pihak instansi kerja dan sudah diadakannya program magang. 3) evaluasi program keterampilan vokasi ttata boga terdapat 2 teknik yaitu evaluasi di dalam pembelajaran dan evaluasi program keterampilan vokasi tata boga secara keseluruhan, dan waktu dalam evaluasi ini dilaksanakan persemester dan tahunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Syira Alegra Putri Fatekhah
Date Deposited: 14 Apr 2025 04:26
Last Modified: 28 Jul 2025 03:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40225

Actions (login required)

View Item View Item