Jailani, Ahmad (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 2 SUMBERJAMBE TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text (SK 1 TADRIS IPS 2025)
SKRIPSI AHMAD JAILANI (212101090007).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Ahmad Jailani, 2025: Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 2 Sumberjambe Tahun Ajaran 2024/2025.
Kata Kunci : Course Review Horay, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Berdasarkan latar belakang penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 2 Sumberjambe ditemukan beberapa data yaitu, guru masih menerapkan model pembelajaran konvensional yang berfokus pada siswa pasif dan masih berpacu pada buku paket, guru kurang memberikan bimbingan yang cukup kepada siswa dan guru tidak menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan untuk siswa, disisi lain juga nilai siswa tidak memenuhi KKM dari 22 siswa hanya 9 anak yang tuntas dan 13 lainnya tidak tuntas dengan mencapai persentase 40.9%, karena siswa tidak terlalu aktif selama proses pembelajaran, siswa kurang termotivasi dalam belajar dan dalam pembelajaran IPS membuat mereka jenuh.
Adapun permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Course Review Horay untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Sumberjambe Tahun Ajaran 2024/2025. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay pada peserta didik kelas VIII B pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Negeri 2 Sumberjambe tahun ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun desain penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart dengan 2 siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket. Dengan instrumen observasi keaktifan pendidik dan peserta didik, wawancara dengan guru, dan siswa, tes pada akhir siklus serta angket motivasi belajar. Kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil dari analisis data dengan penerapan model pembelajaran course review horay dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari hasil pada setiap akhir siklusnya. Pada siklus I diperoleh hasil belajar dengan ketuntasan klasikal mencapai 59,09% dan nilai rata-rata siswa 67,72, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan mencapai ketuntasan 90,90% dengan nilai rata-rata siswa 81,36 dan motivasi belajar siswa dengan ketuntasan klasikal mencapai 50% pada siklus I dengan skor rata-rata interval 62,38, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan mencapai 81,36% dengan skor rata-rata interval 79,07. Dengan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan model pembelajaran course review horay dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII B di SMP Negeri 2 Sumberjambe.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | ahmad jailani |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 06:34 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:25 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40227 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |