PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI SMP NEGERI 1 PANTI JEMBER

Puspita sari, Citra (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI SMP NEGERI 1 PANTI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 2 TADRIS IPS 2025)
CITRA PUSPITA SARI_211101090048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Citra Puspita Sari, 2025 : Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based
Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di SMP Negeri 1 Panti Jember
Kata Kunci : LKPD, Problem Based Learning, Hasil Belajar IPS
Lembar kerja peserta didik (LKPD) adalah bahan ajar cetak yang berisi
materi, penugasan, dan petunjuk yang mengacu pada kompetensi dasar atau
capaian pembelajaran. Pembelajaran dengan model Problem Based Learning
bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memfokuskan materi pada
masalah yang disajikan. Penggunaan LKPD yang tidak tepat seringkali
mengabaikan karakter dan kebutuhan peserta didik, namun jika digunakan dengan
tepat, dapat menghasilkan hasil yang diharapkan dan membantu pekerjaan guru.
Rumusan masalah pada penelitian ini (1) Bagaimana validitas
pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning dalam meningkatkan
hasil belajar ips Di SMP Negeri 1 Panti? (2) Bagaimana kepraktisan
pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning dalam meningkatkan
hasil belajar IPS Di SMP Negeri 1 Panti? (3) Bagaimana Efektivitas
pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning dalam meningkatkan
hasil belajar ips Di SMP Negeri 1 Panti? Adapun tujuan Penelitian Dan
Pengembangan (1) Untuk mendeskripsikan validitas pengembangan LKPD
berbasis Problem Based Learning pada penggunaan LKPD dalam meningkatkan
hasil belajar ips Di SMP Negeri 1 Panti. (2) Untuk mendeskripsikan kepraktisan
pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning pada peserta didik. Pada
Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Panti.(3) Untuk mendeskripsikan Efektivan
pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning dalam meningkatkan
hasil belajar ips di SMP Negeri 1 Panti.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Reseach
and Develompment). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan model ADDIE , yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Develop
(pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi).
Validasi LKPD ini dilakukan oleh ahli materi, ahli media,ahli bahasa. Analisis
kepraktisan dengan menyebar angket respon peserta didik. Analisis keefektifan
dengan menggunakan nilai pre-test dan post-test.
Penelitian ini mengembangkan LKPD berbasis Problem Based Learning
(PBL) pada materi Penjelajahan Samudra Kolonialisme dan Imperialisme di
Indonesia. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa produk ini sangat valid dengan
nilai rata-rata 81,25% (ahli materi), 100% (ahli media), dan 95% (ahli bahasa). Uji
coba produk kepada 30 peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 1 Panti
menghasilkan respon positif dengan nilai rata-rata 71,42% yang dikategorikan
sebagai “praktis”. Uji efektivitas berdasarkan perbandingan pre-test dan post-test
dengan perhitungan N-Gain memperoleh rata-rata 0,73, yang termasuk dalam
kategori "Cukup Efektif".

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Citra Puspita Sari
Date Deposited: 14 Apr 2025 06:40
Last Modified: 28 Jul 2025 04:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40229

Actions (login required)

View Item View Item