Pembelajaran Ektrakulikuler Tahfidzhul Qur’an Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi Sd Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember

HANAN ISWAHYUDI, - (2021) Pembelajaran Ektrakulikuler Tahfidzhul Qur’an Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi Sd Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
HANAN ISWAHYUDI_T20151067.pdf

Download (7MB)

Abstract

Hanan Iswahyudi, 2021: Pembelajaran Ektrakulikuler Tahfidzhul Qur’an Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi Sd Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember. Pendidikan ialah proses internalisasi kultur kedalam individu dan masyarakat sehingga menjadi beradab. Tujuan pendididkan ialah membentuk kepribadian , kemandirian , ketrampilan, sosisal, dan berkarakter. Sekolah khusus adalah sekolah yang menampung anak berkebutuhan khusus yaitu anak yang memiliki kekhususan dan harus ditangani sesuai dengan kekhususannya. Pada pasal 32 UU No. 20 rtahun 2003 Sisdiknas ditegaskan bahwa pendidikan khusus merupakan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, sosial atau yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa. Berdasarkan fokus penelitian dalam skripsi diatas adalah : 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran tahfidzhul Qur’an bagi siswa ABK di SD Al-Irsyad Al�Islamiyyah Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tahfidzhul Qur’an bagi siswa ABK di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran tahfidzhul Qur’an bagi siswa ABK di SD Al-Isryad Al-Islamiyyah Jember? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran tahfidzhul Qur’an bagi siswa ABK di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember., 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tahfidzhul Qur’an bagi siswa ABK di SD Al-Isryad Al-Islamiyyah Jember, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran tahfidzhul Quran bagi siswa ABK di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jmber. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun teknik npengumpulan data dalam penlitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokuemntasi. Analisis data menguunakan model miles dan huberment yaitu berrupa pengumpulan data , kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesmpulan atau verifikasi keabsahan data menggunakan trianggulasai sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu pembelajaran ekstrakulikuler tahfidzhul Qur’an bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di sekolah inklusi SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember dapat di simimpulkan sebagai berikut : 1) Perencanaan pembelajaran ektrakulikuler tahfidzhul Qur’an bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di sekolah Inklusi SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember, merencanakan pembelajaran dengan beberapa tahapan antara lain, menentukan standrart kompetensi kelulusan, menentukan materi hafalan, menentukan alokasi waktu dan menentukan metode. 2)Pelaksanaan pembelajaran ektrakulikuler tahfidzhul Qur’an bagi Anaka Berkebutuhan Khusus (ABK) Kelas Inklusi SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember yaitu kegiatan dilaksanakan dicampur dengan anak reguler namun didampingi dengan guru pendamping khusus, terkadang dilaksanakan dengan metode sama’i. 3) Evaluasi pembelajaran ektrakulikuler tahfidzhul Qur’an bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember , yaitu setiap pembelajaran ada guru pendidkan agama islam yang menyampaikan materi serta ada guru pendamping khusus yang mendamoingi siswa berkebutuhan khusus tersebut, dengan adanya pandemi seperti ini, kegiatan belajar mengajar tetep berlangsung dengan menggunakan daring.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 24 May 2022 02:21
Last Modified: 24 May 2022 02:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4023

Actions (login required)

View Item View Item