Perbandingan Daya Saing UMKM Tahu Bersertifikasi Halal Di Desa Kaliwining Bedadung Kulon Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember

Nisa, Qoyyimatun (2025) Perbandingan Daya Saing UMKM Tahu Bersertifikasi Halal Di Desa Kaliwining Bedadung Kulon Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 19 ES 2025)
Qoyyimatun Nisa_204105020027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tahu merupakan salah satu sektor industri yang memiliki peran penting dalam perekonomian di desa. Namun, dalam menghadapi pasar yang semakin ketat, Sertifikasi Halal menjadi salah satu aspek yang dapat meningkatkan daya saing UMKM, terutama di sektor pangan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana perbandingan daya saing UMKM tahu Bersertifikasi Halal dan tidak pada UMKM tahu Hafis dan tahu Balap ? 2) Bagaimana dampakSertifikasi halal terhadap daya saing UMKM tahu Hafis dan tahu Balap ?
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui perbandingan daya saing UMKM tahu Bersertifikasi Halal dan tidak pada UMKM tahu Hafis dan tahu Balap 2) untuk mengetahui apa saja dampak Sertifikasi Halal terhadap daya saing UMKM tahu Hafis dan tahu Balap.
Metode yang peneliti gunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat komparatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) perbandingan daya saing UMKM tahu Bersertifikasi Halal dan tidak pada UMKM tahu Hafis dan tahu Balapt erdapat dua daya saing yang digunakan oleh UMKM tahu Hafis dan tahu Balap. Yang pertama terkait kondisi faktor, dan yang kedua kondisi permintaan. Adapun penjelasan dari kedua faktor daya saing UMKM tahu Bersertifikasi Halal. Pertama, kondisi faktor bahan baku untuk memproduksi tahu seperti kedelai, cuka, air, bahan bakar yang memadai serta tenaga kerja yang terampil dalam proses pembuatan tahu, mulai dari pengolahan dan pemasaran menjadi kunci untuk mengasilkan produk yang konsisten dan berkualitas. Kedua, kondisi permintaan, semakin meningkatnya permintaan konsumen, yaitu permintaan yang tinggi di pasaran karena harganya terjangkau dan kualitasnya yang baik. 2) DampakSertifikasi halal terhadap daya saing UMKM tahu Hafis dan tahu Balap terdapat tiga poin penting yang diperoleh yaitu pertama,peningkatan pendapatan. Kedua, peningkatan penjualan. Ketiga, mendapatkan kepercayaan pembeli dalam keputusan pembelian produk.

Kata Kunci: Daya Saing, UMKM, Sertifikasi Halal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150306 Industrial Relations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S.E Qoyyimatun Nisa
Date Deposited: 14 Apr 2025 06:23
Last Modified: 23 Jul 2025 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40230

Actions (login required)

View Item View Item