Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Hammada, Nada (2025) Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 6 ES 2025)
Nada Hammada_212105020021.pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Nada Hammada, Dr. Ahmadiono, S.Ag., M.E.I. 2025: Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember Dalam Perspektif Ekonomi Islam.
Kata kunci: Strategi Pengembangan, Ekonomi Kreatif, Ekonomi Islam.

Seiring dengan perkembangan industri kreatif, pengembangan aktivitas ekonomi berdasarkan kreativitas, keterampilan, serta kemampuan individu dalam menciptakan inovasi dan karya yang bernilai ekonomi, yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Potensi pengembangan
sektor ini telah masuk ke dalam dunia pendidikan, Khususnya industri kreatif yang ada di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember, yang mana subsektor pertunjukan dan subsektor penerbitan yang memiliki potensi untuk mendukung pengembangan ekonomi kreatif. Seperti diundang oleh Masyarakat untuk tampil di acaranya dan menghasilkan pendapatan dari penjualan buku sebagai sarana penyebaran ilmu. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pengembangan ekonomi kreatif pada subsektor pertunjukan dalam perspektif ekonomi Islam? 2) Bagaimana strategi pengembangan ekonomi kreatif pada subsektor penerbitan dalam perspektif ekonomi Islam?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan strategi pengembangan ekonomi kreatif pada subsektor pertunjukan dalam perspektif ekonomi Islam. 1) Untuk mendekripsikan strategi pengembangan ekonomi kreatif
pada subsektor penerbitan dalam perspektif ekonomi Islam.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis dekriptif.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) Strategi pengembangan ekonomi kreatif pada subsektor pertunjukan di Pondok Pesantren Nurul Islam
Jember diawali dengan tahap perencanaan strategi dengan berdiskusi perorangan antara Pembina dengan pelatih yaitu merancang strategi produksi, strategi bauran pemasaran, dan Strategi sumber daya manusia, lalu diimplementasikan hasil
perencanan strategi tersebut, kemudian pengendalian strategi sejauh mana strategi yang dijalankan. 2) Strategi pengembangan ekonomi kreatif pada subsektor penerbitan di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember diawali dengan tahap
perencanaan strategi yang dilakukan secara kolaboratif melalui rapat tim penerbitan yaitu merancang strategi produksi, strategi bauran pemasaran, dan Strategi sumber daya manusia. lalu diimplementasikan hasil perencanan strategi tersebut, kemudian pengendalian strategi sejauh mana strategi yang dijalankan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140208 Health Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140216 Tourism Economics
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nada Hammada
Date Deposited: 16 Apr 2025 02:03
Last Modified: 23 Jul 2025 02:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40235

Actions (login required)

View Item View Item