Silviana Putri, Adeliya Gita (2025) Analisis Perilaku Konsumtif Melalui Aplikasi Shopeepay Pada Mahasiswa. Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Adeliya Gita Silviana Putri_212105010010.pdf Download (3MB) |
Abstract
Adeliya Gita Silviana Putri, Siti Alfiyah, S.E.I, M.E 2025: Analisis Perilaku
Konsumtif Melalui Aplikasi Shopeepay Pada Mahasiswa
Kata Kunci: ShopeePay, Perilaku Konsumtif
Di era digital saat ini, penggunaan dompet digital seperti ShopeePay
semakin meningkat di kalangan mahasiswa karena kemudahan transaksi, promo
menarik, dan fitur praktis yang ditawarkan. Kondisi ini mendorong mahasiswa
menjadi lebih konsumtif, sering membeli barang bukan berdasarkan kebutuhan,
melainkan keinginan dan tren. Akibatnya, perilaku konsumtif muncul tanpa
perencanaan keuangan yang baik, dipengaruhi oleh faktor internal seperti
kepuasan diri dan faktor eksternal seperti diskon dan tekanan lingkungan.
Fenomena ini penting dikaji karena dapat berdampak pada gaya hidup dan pola
konsumsi mahasiswa, sekaligus bertentangan dengan nilai-nilai kesederhanaan
dalam ajaran Islam.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti merumuskan
permasalahan yang menarik untuk dikaji yaitu bagaimana perilaku konsumtif
melalui aplikasi ShopeePay pada mahasiswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui perilaku konsumtif
melalui aplikasi ShopeePay pada mahasiswa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data
dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu melalui tahapan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa pengguna ShopeePay
cenderung memiliki perilaku konsumtif, ditandai dengan seringnya membeli
barang-barang seperti skincare, pakaian, make up, dan barang trendi lainnya
bukan berdasarkan kebutuhan, melainkan karena tergoda promo, tampilan produk
menarik, dan dorongan untuk mengikuti tren. Praktisnya penggunaan ShopeePay
memudahkan mahasiswa bertransaksi tanpa pertimbangan matang, sementara
kebebasan mengatur keuangan sendiri membuat mereka lebih rentan terhadap
perilaku belanja berlebihan, khususnya untuk barang gaya hidup. Secara
keseluruhan, ShopeePay turut berperan mendorong pola konsumsi yang tidak
terkontrol di kalangan mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Adeliya Gita Silviana Putri |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 02:40 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 02:40 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40274 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |