ramadhani, novia sapta (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI SCRATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V MATERI PENGELOMPOKAN HEWAN BERDASARKAN MAKANAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM KALIGLAGAH SUMBERBARU JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Skripsi Novia Sapta Ramadhani.pdf Download (5MB) |
Abstract
Novia Sapta Ramadhani, 2024: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis
apikasi scratch Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Ipas Kelas V Materi Pengelompokan Hewan Berdasarkan Makanan Di Madrasah
Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kaliglagah Sumberbaru Jember.
Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, aplikasi, Pembelajaran IPAS.
Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi scratch dilakukan
berdasarkan permasalahan yang ditemukan di MI Miftahul Ulum. Sejauh ini,
dalam proses pembelajaran guru belum memanfaatkan sarana dan prasarana
dengan optimal. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru lebih banyak
menggunakan media pembelajaran non digital. Seiring dengan perkembangan
teknologi, guru dapat memanfaatkan perkembangan teknologi untuk digunakan
dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan
oleh peneliti, diperoleh temuan mengenai kesulitan belajar yang dialami oleh
siswa, diantaranya dalam proses pembelajaran IPAS.
Sebagai upaya pemecahan masalah maka diperlukan media pembelajaran
yang dapat memvisualisasikan materi yang bersifat abstrak. Penelitian dan
pengembangan media pembelajaran aplikasi scratch diharapkan dapat
memvisualisasikan materi pembelajaran dan mempermudah siswa dalam
memahami materi pengelompokan hewan berdasarkan makanan sesuai dengan
keragaman gaya belajar.
Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan sebagai berikut (1)
Mendeskripsikan Masalah yang terjadi Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum
Kaliglagah. (2) Mendeskripsikan kepraktisan pengembangan media pembelajaran
berbasis aplikasi scratch untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPAS kelas V. (3) Mendeskripsikan efektivitas pengembangan media
pembelajaran berbasis aplikasi scratch untuk meningkatkan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran IPAS kelas V.
Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan (Research & Development)
dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu tahap
Analysis (Analisis), tahap Design (Perancangan), tahap Development
(Pengembangan), tahap Implementation (Implementasi), tahap Evaluation
(Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah tiga validator yang terdiri dari validator
produk dua dosen serta guru IPS di MI Miftahul Ulum Kaliglagah. Data diambil
menggunakan angket dan dokumen dengan teknik analisis kuantitatif (persentase)
dan kualitatif (komentar, kritik dan saran).
Berdasarkan hasil penelitan yang sudah dilakukan oleh peneliti (1)
Diperoleh rata-rata nilai presentase dari tiga validator diantaranya validator media
94,1%, validator bahasa 96%, dan validator materi 94% semua berkriteria sangat
baik. (2) Hasil nilai kepraktisan pengembangan media pembelajaran berbasis
aplikasi scratch ini dengan skor 98% dengan kriteria sangat praktis. (3) Hasil
efektivitas pengembangan bahan ajar berbasis aplikasi scratch diperoleh dari nilai
hasil uji coba produk kepada siswa 84,44% untuk skala kecil sedangkan skala besar memperoleh rata-rata peresentase sebesar 93,44% %. Dapat disimpulkan
bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi scratch dinyatakan valid dan praktis
untuk pembelajaran IPAS kelas V.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | novia sapta ramadhani |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 06:13 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 06:13 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40286 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |