Implementasi Srategi Aktif Index Card Match pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jembrana Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana Bali Tahun Pelajaran 2020/2021.

HAZMI HAJJAH, - (2021) Implementasi Srategi Aktif Index Card Match pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jembrana Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana Bali Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
HAZMI HAJJAH_T20174077.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hazmi Hajjah, 2021: Implementasi Srategi Aktif Index Card Match pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jembrana Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana Bali Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Strategi aktif index card match, Pembelajaran Tematik terpadu Permasalahan dalam proses pembelajaran paling sering terjadi dalam dunia pendidikan, sepeti guru kurang berinovasi dan hanya menggunakan metode tertentu, yang menyebabkan kurangnya minat belajar peserta didik dan Strategi pembelajaran aktif index card match adalah salah satu cara yang dilakukan guru kelas III dalam menumbuhkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran tematik yang dilakukan dengan bermain mencari pasang kartu yang sesuai, sehingga peserta didik menjadi semangat dalam kegiatan belajar dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi strategi pembelajaran aktif index card match pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jembrana Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana Bali tahun pelajaran 2020/2021? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi strategi pembelajaran aktif index card match pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jembrana Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana Bali tahun pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus (case study) dan penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Perencanaan strategi pembelajaran aktif index card match pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III adalah guru mempersiapkan perangkat perencanaan pembelajaran dengan menyusun silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pemilihan sumber belajar, bahan ajar, strategi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, karakteristik peserta didik, serta materi yang akan diajarkan. 2) Pelaksanaannya yaitu; guru menyesuaikan dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang ada di RPP meliputi: (a) kegiatan awal, (b) Kegiatan Inti dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif index card match, (c) kegiatan penutup. 3) Evaluasinya yaitu; (a) Penilaian Sikap , (b) Penilaian Pengetahuan dengan tes lisan dan tes tulis, (c) Penilaian Keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 25 May 2022 02:50
Last Modified: 25 May 2022 02:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4029

Actions (login required)

View Item View Item