Pasha, Anggita (2025) Pengembangan Vocabulary Smartcard Berbasis Augmented Realty Media Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Peserta Didik Kelas IV Di SDNGrujugan Lor 2 Bondowoso, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana UIN Kiai Haji Achmad shiddiq Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Anggita Pasha _212101040080.pdf Download (4MB) |
Abstract
Anggita Pasha, 2025: Pengembangan Vocabulary Smartcard Berbasis Augmented Realty Media Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Peserta Didik Kelas IV Di SDNGrujugan Lor 2 Bondowoso, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana UIN Kiai Haji Achmad shiddiq Jember.
Kata Kunci: Kartu Kosakata Bahasa Inggris, Media Pembelajaran, Mengajarkan Kosakata.
Vocabulary Smartcard ini berbentuk kartu dengan berbahan lembaran pvc, dengan ukuran 15x8 cm dengan desain secara unik berbentuk gambar hewan dan dilengkapi kosa kata (vocabulary), sedangkan dibelakang gambar terdapat barcode dimana didalamnya terdapat gambar 3D dan cara pengucapan. Media ini dilatar belakangi oleh …Penelitian ini difokuskan pada pengembangan Vocabulary Smart Card sebagai media pembelajaran bahasa Inggris, khususnya dalam mengajarkan kosakata di kelas IV SDN Grujugan Lor 2 Bondowoso. Peneliti berinisiatif mengembangkan Vocabulary Smart Card dalam pembelajaran bahasa Inggris karena media yang disediakan di kelas IV SDN Grujugan Lor 2 Bondowoso belum representatif dengan pembelajaran kosakata bahasa Inggris.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana validitas pengembangan media kartu kosa kata pada pembelajaran Bahasa Inggris di kelas IV SDN Grujugan Lor 2 Bondowoso?., 2) Bagaimana praktikalitas pengembangan media kartu kosa kata pada pembelajaran Bahasa Inggris di kelas IV SDN Grujugan Lor 2 Bondowoso?., 3)Bagaimana efektivitas penggunaan dalam menerapkan pengembangan media kartu kosa kata pada pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas IV SDN Grujugan Lor 2 Bondowoso?
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan atau lebih dikenal dengan istilah Research and Development dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis desain pengembangan implementasi evaluasi. Pengumpulan datanya diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Sedangkan subjek penelitiannya yaitu peserta didik kelas IV di sekolah dasar negeri grujugan lor 2 bondowoso
Adapun hasil penelitian dan pengembangan Vocabulary Smart Card menunjukan bahwa proses pengembangan media Vocbulary Smartcard dilakukan dengan menggunakan aplikasi Assemblr. 1) Validitas Vocabulary Smart Card sangat layak digunakan hal ini dibuktikan dengan Hasil Validasi Ahli Media yang memperoleh Skor 9.1 dengan kriteria Valid, Ahli Materi yang memperoleh skor 8.0 dan skor validasi guru pembelajaran memperoleh skor 9.2 dengan kriteria Valid. 2) Praktikalitas Respon Peserta didik terhadap kemenarikan dan kepraktisan media Vocabulary Smart Card menunjukan Respon yang baik. Ini dibuktikan dengan skor angket yang memperoleh 92,12 % dengan kriteria Sangat Baik. Sedangkan 3) Efektivitas Vocabulary Smart Card berdasarkan Uji N-Gain Score Menunjukan hasil yang signifikan. Ini dibuktikan dengan diperoleh N-Gain Score dengan rata-rata 0,27 dengan kriteria Sedang dan N-Gain Percent efektivitas sebesar 79,00% dengan kriteria cukup efektif. Bisa disimpulkan bahwa Vocabulary Smart Card efektif digunakan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1604 Human Geography > 160402 Recreation, Leisure and Tourism Geography |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | sis Anggita Pasha |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 03:59 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 03:59 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40303 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |