Ulfa, Cica Maria (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Kincir Angka Pada Pelajran Matematika Materi Penjumlahan Bilangan 1-20 Untuk Menngkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Di MI Annidhom Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
CICA MARIA ULFA_212101040052.pdf Download (2MB) |
Abstract
Ulfa, Cica Maria 2025: Pengembangan Media Pembelajaran Kincir Angka Pada Pelajran Matematika Materi Penjumlahan Bilangan 1-20 Untuk Menngkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Di MI Annidhom Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Kincir Angka, Penjumlahan Bilangan 1-20
Penggunaan media pembelajaran pada pembelajaran Matematika di SD/MI sanagat penting sekali untuk diterapkan. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti di Mi An-Nidhom ditemukan permasalahan, yaitu kemampuan berhitung beberapa anak masih tergolong rendah dan guru masih menggunakan metode ceramah pada pembelajaran Matematika khusus materi Penjumlahan 1-20. Dari permasalahan tersebut peneliti berinisiatif mengembangkan Media Kincir Angka untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Dalam pengembangan media kincir angka terdapat beberapa rumusan masalah yang terdiri dari (1) Bagaimana Validitas Pengembangan Media Pembelajaran Kincir Angka pada Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan 1-20 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I di MI Annidhom Jember ?, (2) Bagaimana Praktikalitas Pengembangan Media Pembelajaran Kincir Angka pada Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan 1-20 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I di MI Annidhom Jember ?, (3) Bagaimana Efektivitas Pengembangan Media Pembelajaran Kincir Angka pada Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan 1-20 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I di MI Annidhom Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui dan Mendeskripsikan Validitas Pengembangan media Kincir Angka sebagai media pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan Bilangan 1-20 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 di MI An-Nidhom Jember”, (2) Untuk Mengetahui dan Mendeskripsikan Praktikalitas Pengembangan media Kincir Angka sebagai media pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan Bilangan 1-20 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 di MI An-Nidhom Jember”, (3) Untuk Mengetahui dan Mendeskripsikan Efektivitas Pengembangan media Kincir Angka sebagai media pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan Bilangan 1-20 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 di MI An-Nidhom Jember”
Pengembangan media kincir angka pada Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan 1-20 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I di MI Annidhom Jember ini menggunakan metode R&D (Reaserch and Development) dengan model pengembangan ADDIE dan teknik pengumpulan data pengembangan ini yaitu Observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian dan pengemabangan yang dilakukan peneliti bahwa validitas dari pengembangan media Kincir Angka mencapai skor rata-rata 92% dengan validator ahli media dan materi. Sedangkan dalam data praktikalitas yang didapatkan dari angket ahli pembelajaran dan angket peserta didik memperoleh presentase sebesar 95% dari siswa dan 90% dari guru. Sedangkan efektifitas media ini dihitung menggunakan rumus untuk menentukan keefektifan produk dengan memperoleh peningkatan 84,11% dan terbukti efektif berdasarkan uji N-gain memperoleh nilai 0,57.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160501 Aboriginal and Torres Strait Islander Policy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | sis CICA MARIA ULFA |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 03:54 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 03:54 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40304 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |