Ilham, Moh. Lailul (2025) Strategi Pemasaran Produk Tabungan Mudharabah (TABAH) Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Lembaga KSPP Syariah Jawa Timur Cabang Bungatan Situbondo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Moh. Lailul Ilham_211105010047.pdf Download (3MB) |
Abstract
Moh. Lailul Ilham, Ayyu Ainin Mustafidah, M.E. 2025: Strategi Pemasaran Produk Tabungan Mudharabah (TABAH) Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Lembaga KSPP Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Bungatan Situbondo.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran Islami, Tabungan Mudharabah (TABAH),
Sebagai salah satu lembaga keuangan syariah, BMT NU dipercaya lebih mempunyai peluangan untuk berkembang dibandingkan dengan lembaga lain yang berproses secara konvensional. Namum, Disamping itu BMT NU mampu menciptakan strategi pemasaran yang bagus agar dapat meningkatkan jumlah nasabahnya.
Adapun fokus penelitian ini adalah Bagaimana Strategi Pemasaran Yang Dilakukan KSPP Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Bungatan Situbondo Dalam Memasarkan Tabungan Mudharabah, Apa Saja Faktor-faktor Yang Dapat Membantu Peningkatan Jumlah Nasabah Dari Strategi Pemasaran Di KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Bungatan Situbondo Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabahnya.
Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Bagaimana Strategi Pemasaran Yang Dilakukan KSPP Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Bungatan Situbondo Dalam Memasarkan Tabungan Mudharabah, Untuk Mengetahui Apa Saja Faktor-faktor Yang Dapat Membantu Peningkatan Jumlah Nasabah Strategi Pemasaran Di KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Bungatan Situbondo Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabahnya
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskrptif dengan menggunakan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data: observasi, interview, dokumentasi. Subyek penelitian menggunakan teknik purpsive, Adapun analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan datanya menggunakan Triangulasi Sumber yaitu mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber.
Berdasarkan hasil temuan data, penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa strategi pemasaran islami produk tabungan mudharabah (TABAH) dalam meningkatkan jumlah nasabah pada lembaga KSPP Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Bungatan Situbondo menggunakan bauran pemasaran 7P & 1C yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical evidence dan Customer Service. Dimana BMT NU memasarkan produk tabungan mudharabahnya melewati promosi dengan penyebaran brosur dengan melakukan door to door ke rumah nasabahnya atau instansi-instansi dan juga adanya sistem jemput bola yang dapat memudahkan nasabahnya. BMT NU selalu memperhatikan kepuasan nasabah juga, kualitas pelayanan, guna menciptakan loyalitas pelanggan. Karena apabila nasabah puas maka nasabah akan loyal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | MR Mohammad Lailul Ilham |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 02:43 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 02:43 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40314 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |