Taufiqur Rahman, Rahmat (2025) Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham pada Sub Sektor Media & Entertaiment yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2021-2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Rahmat Taufiqur Rahman_214105030058.pdf Download (4MB) |
Abstract
Perdagangan saham pada sub sektor Media & Entertaiment meningkat pasca pandemi COVID-19 akibat digitalisasi dan perubahan pola konsumsi. Namun, pergerakan harga saham tidak selalu sejalan dengan rasio profitabilitas seperti NPM,ROA, dan ROE menunjukkan bahwa faktor keuangan belum sepenuhnya menentukan nilai saham. Kurangnya penelitian spesifik di sub sektor ini menjadi celah yang perlu diisi agar investor dapat mengambil keputusan investasi yang lebih akurat.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Apakah Net Profit Margin (NPM) berpengaruh terhadap harga saham perusahaan yang terdaftar pada sub sektor Media & Entertaiment? 2) Apakah Return on Assets (ROA) berpengaruh terhadap harga saham perusahaan yang terdaftar pada sub sektor Media & Entertaiment? 3) Apakah Return on Equity (ROE) berpengaruh terhadap harga saham perusahaan terdaftar pada sub sektor Media & Entertaiment? 4) Apakah Net Profit Margin (NPM), Return on Assets (ROA), Return on Equity (ROE) secara simultan berpengaruh terhadap harga saham perusahaan terdaftar pada sub sektor Media & Entertaiment?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji apakah terdapat pengaruh antara Net Profit Margin (NPM), Return on Assets (ROA), dan Return on Equity (ROE) dengan harga saham perusahaan terdaftar pada sub sektor Media & Entertaiment yang ada di Bursa Efek Indonesia.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan triwulan yang berasal dari situs resmi website Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini berupa seluruh perusahaan yang terdaftar di sub sektor Media & Entertaiment dengan jumlah 15 perusahaan. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 11 perusahaan dengan teknik pengambil sampel yang digunakan adalah purposive sampling.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa 1) Net Profit Margin (NPM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. 2) Return on Assets (ROA) tidak berpengaruh terhadap harga saham. 3) Return on Equity (ROE) berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. 4) Net Profit Margin (NPM), Return on Assets (ROA), dan Return on Equity (ROE) secara simultan berpengaruh terhadap harga saham.
Kata Kunci: Rasio Profitabilitas, Harga Saham, Investasi
Actions (login required)
![]() |
View Item |