Al – Adawiyah, Nikent Zuroidah (2025) FAKTOR-FAKTOR PENURUNAN JUMLAH PEMBELI DANUPAYA PENINGKATAN PENJUALAN BERBASIS NILAI -NILAI ISLAM PADA TOKO TIRTA FROZEN FOOD MANGLI. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Nikent Zuroidah Al –Adawiyah_212105020024.pdf Download (7MB) |
Abstract
Frozen Food merupakan usaha yang bergerak pada bidang olahan makanan beku seperti sosis, nugget dan bakso. Usaha ini terbentuk atas tingginya minat masyarakat yang suka dengan makanan instan, salah satunya yaitu frozen food sebagai pendamping nasi maupun camilan. Frozen food merupakan salah satu usaha yang mulai digemari serta memiliki prospek cukup baik, sehingga banyak pelaku usaha yang memilih untuk memproduksi dan menjualnya. Usaha frozen food atau makanan beku semakin berkembang seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat yang mengarah pada kebutuhan akan kepraktisan dan efisiensi waktu.
Fokus penelitian dalam skripsi ini ialah: 1) Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan penurunan jumlah pembeli pada Toko Tirta Frozen Food Mangli ? 2) Bagaimana upaya untuk peningkatan penjualan berbasis nilai-nilai islam pada Toko Tirta Frozen Food Mangli ?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan penurunan jumlah pembeli pada Toko Tirta Frozen Food Mangli. 2)Untuk mendeskripsikan upaya peningkatan penjualan berbasis nilai-nilai islam pada Toko Tirta Frozen Food Mangli.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis sugiyono dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Dengan mendeskripsikan faktor-faktor penyebab penurunan jumlah pembeli pada toko Tirta Frozen Food, pemilik toko jadi lebih tahu tentang dampak yang disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal pada usahanya. Pada faktor internal terdapat kualitas produk, harga, kurangnya promosi, terbatasnya persediaan produk, dan kurangnya modal. Pada faktor eksternal terdapat perubahan selera konsumen, persaingan pasar dan perubahan teknologi. 2) Upaya untuk meningkatkan penjualan pada toko Tirta Frozen Food dengan berbasis nilai-nilai islam sudah menerapkan prinsip-prinsip ekonomi islam di dalam usahanya. Upaya ini juga mendapat banyak dukungan positif dari para pelanggan. Upaya yang dilakukan oleh toko Tirta Frozen Food untuk meningkatkan penjualannya dilakukan melalui berbagai strategi berikut yaitu, promosi yang menarik dan islami, harga yang kompetitif dan berbasis kualitas dan implementasi nilai-nilai islam dalam operasional bisnis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penurunan Jumlah Pembeli, Peningkatan Penjualan, Nilai-Nilai Islam. |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140218 Urban and Regional Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Nikent Zuroidah Al - Adawiyah |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 06:32 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 06:32 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |