Nurul Izzah, - (2021) “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Fiqih Untuk kelas VIII di MTs Baitul Arqom Balung”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Nurul Izzah _084141300.pdf Download (8MB) |
Abstract
Nurul Izzah, 2021: “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Fiqih Untuk kelas VIII di MTs Baitul Arqom Balung”. Proses belajar akan efektif jika guru mengkondisikan agar setiap peserta didik terlihat secara aktif dan terjadi hubungan yang dinamis dan saling mendukung. Pembelajaran berbasis masalah merupakan penggunaan berbagai macam kecerdasan yang diperlukan untuk melakukan konfrontasi terhadap tantangan dunia nyata, kemampuan untuk menghadapi segala sesuatu yang baru dan kompleksitas yang ada. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya peningkatan hasil belajar siswa bidang kognitif pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran fikih di MTs Baitul Arqom Balung?; 2) Bagaimana upaya peningkatan hasil belajar siswa bidang afektif pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran fikih di MTs Baitul Arqom Balung?; 3) Bagaimana upaya peningkatan hasil belajar siswa bidang psikomotorik pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran fikih di MTs Baitul Arqom Balung?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan upaya peningkatan hasil belajar siswa bidang kognitif pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran fikih di MTs Baitul Arqom Balung; 2) Untuk mendeskripsikan upaya peningkatan hasil belajar siswa bidang afektif pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran fikih di MTs Baitul Arqom Balung; 3) Untuk mendeskripsikan upaya peningkatan hasil belajar siswa bidang psikomotorik pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran fikih di MTs Baitul Arqom Balung. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah field research. Adapun tehnik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi non-partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumenter. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Peningkatan hasil belajar berbasis masalah bidang kognitif pada mata pelajaran fikih tersebut dikenal dengan ulangan harian, UTS dan UAS. Dalam pelaksanaan penilaian pengetahuan ini ada 3 teknik yaitu tes tulis, tes lisan, dan penugasan. Tujuan dari dilaksanakannya peningkatan hasil belajar berbasis masalah bidang kognitif pada mata pelajaran fikih ini adalah supaya anak memiliki tanggung jawab dan bisa menerapkan dalam kehidupan sehari�hari. 2) Peningkatan hasil belajar siswa bidang afektif melalui pembelajaran berbasis masalah ini sangat penting dalam pembelajaran karena supaya mengetahui sampai mana peserta didik memahami dan bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. 3) Peningkatan hasil belajar siswa bidang psikomotorik ini ditekankan pada praktek penilaian portofolio yang dimana dalam pembelajaran Fikih di masa pandemi ini diberikan tugas tambahan di rumah menggunakan sosial media (WA) untuk membuat vidio untuk penugasan dalam melengkapi nilai dan guna untuk memantau siswa meski dengan jarak jauh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 25 May 2022 02:49 |
Last Modified: | 25 May 2022 02:49 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4036 |
Actions (login required)
View Item |