Nabila, Siti (2025) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN ENDED BARISAN DAN DERET ARITMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT DI SMA PLUS BUSTANUL ULUM PUGER JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Siti Nabila_212101070018 ..pdf Download (6MB) |
Abstract
Kata kunci : Berpikir Divergen, Masalah Open Ended, Gaya Kognitif
Penelitian ini menganalisis kemampuan berpikir divergen siswa dalam menyelesaikan masalah open-ended pada materi barisan dan deret aritmatika ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Kebutuhan mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam era globalisasi dengan kenyataan pembelajaran matematika di sekolah yang masih bersifat prosedural dan berorientasi pada hasil akhir. Fakta menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menghasilkan beragam solusi ketika menghadapi masalah matematika, terutama dalam materi barisan dan deret aritmatika yang memiliki relevansi tinggi dalam berbagai konteks kehidupan. Dengan memahami bagaimana siswa dengan gaya kognitif berbeda mengonstruksi beragam solusi, penelitian ini memberikan landasan untuk pengembangan strategi pembelajaran matematika yang lebih efektif dan adaptif. Melalui analisis kemampuan berpikir divergen, guru dapat mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dan merancang pembelajaran bermakna yang mengoptimalkan kemampuan berpikir siswa sesuai dengan karakteristik gaya kognitif mereka, sehingga dapat mempersiapkan siswa dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks dan tidak terstruktur di masa depan.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir divergen siswa field dependent dalam menyelesaikan masalah open ended barisan dan deret aritmatika arimatika. 2) Mendeskripsikan kemampuan berpikir divergen siswa field independent dalam menyelesaikan masalah open ended barisan dan deret aritmatika.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Banyak subjek dalam penelitian ini adalah 4 siswa dengan rincian 2 siswa field dependent dan 2 siswa field independent. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes tipe GEFT, tes soal berpikir divergen, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan Siswa dengan gaya kognitif field dependent memenuhi aspek indikator fluency dalam menyelesaikan masalah open ended. Pada aspek fluency mereka dapat memunculkan ide penyelesaian yang sesuai dengan soal serta dapat mengungkapkan ide penyelesaian dengan lancar ditandai dengan dapat membuat beberapa barisan. Pada aspek flexibility dan originality siswa dengan tipe gaya field dependent tidak dapat menghasilkan berbagai ide dalam menyelesaikan soal dari sudut pandang yang berbeda karena siswa masih belum terlihat bagaimana penyelesaian yang mereka gunakan untuk mendapatkan barisan serta mereka hanya menggunakan satu ide penyelesaian saja dan juga tidak dapat menemukan ide yang unik dikarenakan barisan yang ditemukan mereka masih tergolong sama dengan siswa yang lain. Siswa dengan gaya kognitif field independent dapat memenuhi ketiga aspek berpikir divergen yakni fluency, flexibility, dan originality. Kedua subjek dapat membuat barisan yang sesuai dengan soal dan bernilai benar menunjukkan aspek fluency. Kedua subjek juga dapat menggunakan beberapa ide penyelesaian untuk membuat barisan dan deret aritmatika aritmatika sehingga dapat memenuhi aspek flexibility yakni siswa mampu menghasilkan berbagai ide dalam menyelesaikan soal dari sudut pandang yang berbeda. Dan yang terakhir kedua subjek dapat membuat ide yang unik yang mana ide penyelesaian yang digunakan oleh kedua subjek berbeda dengan subjek yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Siti Nabila |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 04:11 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 04:11 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40362 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |