ANALISIS AKUNTANSI SYARIAH TERHADAP PENENTUAN HARGA JUAL AIR MINUM DALAM KEMASAN DI CV. LISA JAYA MANDIRI FOOD (AMPO)

Mujahadah, Amalia (2025) ANALISIS AKUNTANSI SYARIAH TERHADAP PENENTUAN HARGA JUAL AIR MINUM DALAM KEMASAN DI CV. LISA JAYA MANDIRI FOOD (AMPO). Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
AMALIA MUJAHADAH_NIM.212105030049.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penentuan harga jual air minum dalam kemasan (AMDK) merupakan aspek penting dalam bisnis yang melibatkan berbagai pertimbangan, termasuk dalam perspektif akuntansi syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan prinsip-prinsip akuntansi syariah dalam menentukan harga jual AMDK. Dalam konteks syariah, penetapan harga harus memperhatikan aspek tanggung jawab, keadilan, dan kebenaran.
Adapun fokus penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana metode penentuan harga jual air minum dalam kemasan di CV. Lisa Jaya Mandiri Food? 2. Bagaimana penentuan harga jual air minum dalam kemasan di CV. Lisa Jaya Mandiri Food berdasarkan Analisis Akuntansi Syariah?
Tujuan penelitian ini: 1. Untuk menganalisis metode penentuan harga jual air minum dalam kemasan di CV. Lisa Jaya Mandiri Food 2. Untuk menganalisis penjelasan mengenai penentuan harga jual air minum dalam kemasan di CV. Lisa Jaya Mandiri Food dalam Analisis Akuntansi Syariah
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada CV. Lisa Jaya Mandiri Food (AMPO). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV. Lisa Jaya Mandiri Food telah menerapkan prinsip-prinsip akuntansi syariah dalam penentuan harga jual AMDK, di antaranya dengan memperhitungkan biaya produksi yang transparan, menentukan margin keuntungan yang wajar, serta menghindari praktik gharar dan riba. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan akuntansi syariah di industri air minum dalam kemasan serta membuka peluang untuk penerapan model bisnis yang lebih adil dan transparan dalam sektor ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150101 Accounting Theory and Standards
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150108 Cost Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Amalia Mujahadah
Date Deposited: 21 Apr 2025 04:22
Last Modified: 21 Apr 2025 04:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40366

Actions (login required)

View Item View Item