Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas, dan Influencer Media Sosial Terhadap Minat Generasi Z dalam Menggunakan Produk Perbankan Syariah (Studi Kasus Mahasiswa S1 Universitas Islam Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).

Rahayuningsih, Susilowati (2025) Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas, dan Influencer Media Sosial Terhadap Minat Generasi Z dalam Menggunakan Produk Perbankan Syariah (Studi Kasus Mahasiswa S1 Universitas Islam Kiai Haji Achmad Siddiq Jember). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
susilowati Rahayuningsih_21405010035.pdf

Download (5MB)

Abstract

Perbankan syariah telah menjadi salah satu sektor yang terus berkembang di Indonesia, didukung oleh pertumbuhan ekonomi yang semakin inklusif dan berlandaskan prinsip-prinsip keuangan syariah.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Apakah literasi keuangan syariah berpengaruh terhadap minat generasi Z dalam menggunakan produk perbankan syariah? 2) Apakah religiusitas berpengaruh terhadap minat generasi Z dalam menggunakan produk perbankan syariah? 3) Apakah influencer media sosial berpengaruh terhadap minat generasi Z dalam menggunakan produk perbankan syariah? 4) Apakah literasi keuangan syariah, religiusitas dan influencer media sosial berpengaruh terhadap minat generasi Z dalam menggunakan produk perbankan syariah?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui apakah literasi keuangan syariah berpengaruh terhadap minat Generasi Z dalam menggunakan produk perbankan syariah. 2) Mengetahui apakah religiusitas berpengaruh terhadap Generasi Z dalam menggunakan produk perbankan syariah. 3) Mengetahui apakah influencer media sosial berpengaruh terhadap Generasi Z dalam menggunakan produk perbankan syariah. 4) Mengetahui apakah literasi keuangan syariah, religiusitas dan influencer media sosial berpengaruh terhadap Generasi Z dalam menggunakan produk perbankan syariah.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, pengambilan sampel pada mahasiswa aktif S1 Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember berjumlah 100 orang dengan teknik purposive sampling, sedangkan pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Hasil dari penelitian ini ialah secara parsial variabel literasi keuangan syariah tidak berpengaruh terhadap minat Generasi Z dalam menggunakan produk perbankan syariah, variabel religiusitas berpengaruh terhadap minat generasi Z dalam menggunakan produk perbankan syariah dan variabel influencer media sosial berpengaruh terhadap minat Generasi Z dalam menggunakan produk perbankan syariah. Secara simultan variabel literasi keuangan syariah, religiusitas dan influencer media sosial berpengaruh terhadap minat Generasi Z dalam menggunakan produk perbankan syariah.
Kata Kunci: Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas, Influencer, Minat Generasi Z, Perbankan Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Susilowati Rahayuningsih
Date Deposited: 21 Apr 2025 06:50
Last Modified: 21 Apr 2025 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40377

Actions (login required)

View Item View Item