Penerapan metode Pengajaran Montessori Tingkat Dasar pada Anak Usia 4-5 Tahun di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Manggisan Tanggul

Qurotul Ayuni, - (2020) Penerapan metode Pengajaran Montessori Tingkat Dasar pada Anak Usia 4-5 Tahun di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Manggisan Tanggul. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam anak usia dini.

[img] Text
Qurotul Ayuni_T20165064.pdf

Download (5MB)

Abstract

Qurotul Ayuni. 2020. Penerapan metode Pengajaran Montessori Tingkat Dasar pada Anak Usia 4-5 Tahun di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Manggisan Tanggul Pertumbuhan dan perkembangan pada masa kanak-kanak akan menjadi dasar pertumbuhan dan perkembangan pada masa-masa selanjutnya. Karena itu orang tua harus benar-benar memperhatikan semua aspek yang diperkirakan dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan usia dini (prasekolah), sehingga pertumbuhan dan perkembangan baik fisik dan psikis dapat berkembang dengan baik. Metode Montessori adalah salah satu metode yang digunakan pada Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Manggisan Tanggul Kabupaten Jember untuk mengoptimalkan perkembangan anak. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah:1) Bagaimana penerapan metode eksperimen dalam pengajaran montessori tingkat dasar pada anak usia 4-5 tahun di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Manggisan Tanggul?, 2) Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam pengajaran montessori tingkat dasar pada anak usia 4-5 tahun di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Manggisan Tanggul?, dan 3) Bagaimana penerapan metode pemberian tugas dalam pengajaran montessori tingkat dasar pada anak usia 4-5 tahun di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Manggisan Tanggul? Tujuan dari penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan metode eksperimen dalam pengajaran montessori tingkat dasar pada anak usia 4-5 tahun di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Manggisan Tanggul, 2) Mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam pengajaran montessori tingkat dasar pada anak usia 4-5 tahun di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Manggisan Tanggul, dan 3) Mendeskripsikan penerapan metode pemberian tugas dalam pengajaran montessori tingkat dasar pada anak usia 4-5 tahun di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Manggisan Tanggul Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Manggisan Tanggul Kabupaten Jember. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Penerapan metode eksperimen dalam pengajaran montessori tingkat dasar pada anak usia 4-5 tahun di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Manggisan Tanggul dilakukan guru dengan langkahlangkah (a) guru membentuk anak dalam 5 kelompok, masing-masing kelompok digilib.iain-jember digilib.iain-jember.a.ac.id c.id— —digilib.iain-jember digilib.iain-jember.a.ac.id c.id— —digilib.iain-jember digilib.iain-jember.a.ac.id c.id— —digilib.iain-jember digilib.iain-jember.a.ac.id c.id— —digilib.iain-jember digilib.iain-jember.a.ac.id c.id— —digilib.iain-jember digilib.iain-jember.a.ac.id c.id ix terdiri dari 4-5 anak, (b) Guru memberikan wawasan tentang prosedur, peralatan, dan bahan, yang akan digunakan dalam kegiatan percobaan, (c) Anak diajak melakukan prediksi dari percobaan yang akan dilakukan, (d) Guru memberikan penjelasan tentang pelaksanaan percobaan disertai contoh dan anak mempraktikkan sendiri apa yang telah disampaikan oleh guru, (e) Guru berdiskusi dengan anak untuk menarik kesimpulan dari percobaan yang dilakukan anak, 2) Penerapan metode demonstrasi dalam pengajaran montessori tingkat dasar pada anak usia 4-5 tahun di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Manggisan Tanggul dilaksanakan dengan langkah-langkah (a) Guru mempersiapkan materi yang didemonstrasikan, (b) Guru menjelaskan kepada anak, (c) Guru memperagakan dan menjelaskannya, (d) Guru menugaskan kepada siswa agar mengulang kembali apa yang dijelaskan oleh guru, dan 3) Penerapan metode pemberian tugas dalam pengajaran montessori tingkat dasar pada anak usia 4-5 tahun di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Manggisan Tanggul dilakukan dengan (a) Menetapkan tujuan dan tema yang dipilih, (b) Menetapkan rancangan bahan dan alat yang diperlukan untuk kegiatan pemberian tugas, (c) Menetapkan langkah-langkah kegiatan pembelajaran dengan pemberian tugas, dan (d) Menetapkan penilaian kegiatan pemberian tugas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 25 May 2022 02:50
Last Modified: 25 May 2022 02:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4038

Actions (login required)

View Item View Item