Salama, Lucky (2025) Implementasi Elektronik Kinerja Dalam Upaya Optimalisasi Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.
![]() |
Text
Lucky Salama _ 211101030084.pdf Download (4MB) |
Abstract
Lucky Salama, 2025: Implementasi E-Kinerja Dalam Upaya Optimalisasi Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember.
Kata Kunci : E-Kinerja, Kinerja Guru, Teknologi
Penelitian tentang implementasi E-Kinerja di lembaga pendidikan Islam sangat penting dilakukan, mengingat tuntutan digitalisasi serta kebutuhan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam administrasi di instansi pendidikan Islam. Khususnya, dalam pengelolaan kinerja guru agar kinerja guru dapat optimal secara berkelanjutan, seiring dengan tuntutan transformasi digital yang terus berkembang. Sistem manual dalam pengelolaan kinerja yang selama ini diterapkan cenderung kurang transparan, memakan banyak waktu dan tempat, serta rawan kesalahan. Oleh karena itu, penerapan teknologi baru di suatu organisasi, seperti E-Kinerja, memerlukan adaptasi dan penyesuaian agar dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diinginkan dari implementasi aplikasi tersebut.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Implementasi E-Kinerja Dalam Upaya Optimalisasi Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember? 2) Apa saja Faktor Pendukung dan Hambatan Implementasi E-Kinerja Dalam Upaya Optimalisasi Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember.
Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk menganalisis dan mendekskripsikan Implementasi E-Kinerja Dalam Upaya Optimalisai Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. 2) Untuk menganalisis Faktor Pendukung dan Hambatan Implementasi E-Kinerja Dalam Upaya Optimalisasi Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber, triangulasi waktu dan triangulasi teori.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Implementasi E-Kinerja di MAN 1 Jember telah berhasil memberikan upaya optimalisasi kinerja guru, sekaligus menunjukkan kontribusi lembaga pendidikan Islam dalam menjawab tantangan digitalisasi. Pengelolaan kinerja guru menjadi lebih efektif, dimulai dengan penyusunan SKP, pemantauan, dan pendampingan secara berkala oleh Kepala Madrasah dan Tim E-Kinerja. Sistem ini juga mempermudah proses penilaian, evaluasi, serta tindak lanjut yang meliputi sistem reward dan punishment, di samping pemberian angka kredit. 2) Implementasi E-Kinerja dalam upaya optimalisasi kinerja guru di MAN 1 Jember didukung oleh 4 faktor : Komitmen Kepala Madrasah, Tim E-Kinerja, Tersedianya sarana infrastruktur teknologi, dan sistem reward dan punishment. Selain adanya faktor pendukung dalam pengimplementasian sistem ini juga terdapat beberapa faktor hambatan antara lain: Kurangnya literasi digital dikalangan beberapa guru, kurangnya mengalokasikan waktu pengisian sehingga terjadi lonjakan pengguna yang mengakibatkan sistem menjadi lambat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Depositing User: | kyu Lucky Salama |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 06:21 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 06:21 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40392 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |