“Strategi Pembelajaran Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Masa Pandemi Covid-19”.

MAULIDIA WARDANI, - (2021) “Strategi Pembelajaran Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Masa Pandemi Covid-19”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
MAULIDIA WARDANI_T20171357.pdf

Download (5MB)

Abstract

Maulidia Wardani, 2020. “Strategi Pembelajaran Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Masa Pandemi Covid-19”. Kata kunci: strategi pembelajaran, kejenuhan belajar, Sejarah Kebudayaan Islam, Covid-19. Kendala yang menghambat tercapainya suatu tujuan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam/ SKI salah satunya adalah kejenuhan belajar siswa yang bisa beragam macam penyebabnya. Oleh karena itu di dalam proses pembelajaran guru dituntut harus memiliki strategi yang efektif dan kreatif dalam melaksanakan tugas mengajarnya. Adapun fokus dalam penelitian ini yaitu 1. Bagaimana strategi pembelajaran dalam mengatasi kejenuhan belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember masa pandemi Covid-19. 2. Bagaimana faktor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran dalam mengatasi kejenuhan belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember masa pandemi Covid-19. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field reserch) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran dalam mengatasi kejenuhan belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember masa pandemi Covid-19 serta untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran dalam mengatasi kejenuhan belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember masa pandemi Covid-19. Teknik yang digunakan dalam menentukan subyek penelitian ini menggunakan teknik sample data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik pengamatan/ observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data (data condentation), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan (conclusions drawing). Hasil penelitian ini adalah: (a) Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengatasi kejenuhan belajar SKI pada siswa yakni dengan menerapkan strategi pembelajaran inquiry yang biasa dilakukan dengan tanya jawab antara guru dan siswa, serta guru juga menerapkan strategi pembelajaran kontekstual. (b) Hasil dari strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru tersebut bisa berhasil dengan efektif untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa dengan bantuan media ajar yang digunakan oleh guru dalam suatu kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 25 May 2022 02:52
Last Modified: 25 May 2022 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4042

Actions (login required)

View Item View Item