RISQY AISYATUS, SHALEHAH (2021) Kontribusi Pelajaran Mahfudhat Terhadap Perkembangan Nilai Spiritual Siswa Kelas 5 Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Text
RISQY AISYATUS SHALEHAH_T20164046.pdf Download (9MB) |
Abstract
Risqy, 2020: Kontribusi Pelajaran Mahfudhat Terhadap Perkembangan Nilai Spiritual Siswa Kelas 5 Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Kontribusi Pelajaran Mahfudzot, Perkembangan Nilai Spiritual. Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nuru Huda merupakan salah satu lembaga swasta yang berlatar belakang kepesantrenan. Siswa di madrasah diwajibkan untuk mengikuti pembelajaran Madin (Madrasah diniyah) salah satunya adalah pelajaran mahfudhat. Pelajaran ini disebut juga dengan sebutan hafalan, karena materi yang diberikan kepada siswa harus dihafalkan sebaik mungkin. Langkah ini dilakukan oleh guru sebagai bekal untuk mengenalkan sunnah-sunnah Nabi Muhammad kepada siswa sejak dasar. Dari pelajaran tersebut terdapat pembelajaran tentang nilai-nilai spiritual yaitu nilai estetika (rasa), nilai moral (budi pekerti), dan nilai religius (ibadah). Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana kontribusi pelajaran mahfudhat terhadap perkembangan nilai estetika siswa kelas 5 di MI Nurul Huda Bondowoso? 2) Bagaimana kontribusi pelajaran mahfudhat terhadap perkembangan nilai moral siswa kelas 5 di MI Nurul Huda Bondowoso? 3) Bagaimana kontribusi pelajaran mahfudhat terhadap perkembangan nilai religius siswa kelas 5 di MI Nurul Huda Bondowoso?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan kontribusi pelajaran mahfudhat terhadap perkembangan nilai estetika siswa kelas 5 di MI Nurul Huda Bondowoso. 2) Untuk mendeskripsikan kontribusi pelajaran mahfudhat terhadap perkembangan nilai moral siswa kelas 5 di MI Nurul Huda Bondowoso.3) Untuk mendeskripsikan kontribusi pelajaran mahfudhat terhadap perkembangan nilai religius siswa kelas 5 di MI Nurul Huda Bondowoso. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, sedangkan jenis pendekatan menggunakan pendekatan studi lapangan. Lokasi penelitian ini di MI Nurul Huda Bondowoso. Penentuan informan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan data condensation, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini: 1) Pelajaran mahfudhat merupakan salah satu pelajaran madin yang berisi tentang hadis-hadis pendek dan siswa wajib untuk menghafalnya. Pada umumnya, mengahfal merupakan kegiatan yang membosankan jika dilakukan secara berulang. Namun siswa kelas 5 di MI Nurul Huda antusias dan semangat untuk belajar serta menghafal materi pelajaran mahfudhat. 2) Pelajaran mahfudhat merupakan salah satu pelajaran yang dapat memperkenalkan kepada siswa bagaimana memiliki budi pekerti yang baik, salah satu contoh hadis tentang mengucapkan salam yang menjadi kebiasan di kehidupan siswa. Namun untuk membiasakan mengucapkan salam, guru memiliki 3 trik yaitu a) dengan dipaksa b) dengan terpkasa dan c) pada akhirnya merek akan terbiasa. 3) Beberapa poin utama yang yang diterapkan dimadrasah yaitu: a) membiasakan siswa sholat berjamaah b) membiasakan siswa untuk belajar al-qur’an (mengaji dan membaca) c) membiasakan siswa untuk mendoakan kedua orang tuanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 25 May 2022 02:52 |
Last Modified: | 25 May 2022 02:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4043 |
Actions (login required)
View Item |