Penggunaan Media Permainan Balok dan Roda Pintar Untuk Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Kelompok B KB Baiturrahman Sukowono Jember

Sulfa, Indana (2025) Penggunaan Media Permainan Balok dan Roda Pintar Untuk Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Kelompok B KB Baiturrahman Sukowono Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI AKU WATERMARK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Indana Sulfa, 2024: Penggunaan media permainan balok dan roda pintar untuk mengembangkan kemampuan mengenal huruf Pada Anak Usia Dini Kelompok B KB Baiturrahman Sukokerto Sukowono Jember.
Kata kunci: Kemampuan Mengenal Huruf, Media Balok dan Roda Pintar.
Kemampuan mengenal huruf adalah kemampuan seseorang dalam mengenali tanda dan simbol abjad pada suatu tulisan. Adapun huruf yang dikenal anak dapat menumbuhkan kemampuan untuk memilih dan memilah berbagai jenis huruf. Ada enam aspek perkembangan yang harus dioptimalkan pada anak usia dini, yaitu aspek nilai agama dan moral, sosial emosional, fisik motorik, kognitif, bahasa dan seni. Di KB Baiturrahman salah satu kegiatan pembelajaran yang menyenangkan untuk mengembangkan kemampuan mengenal huruf ialah dengan kegiatan mengenal huruf dengan menggunakan media balok dan roda pintar.
Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pembelajaran menggunakan media permainan balok dan roda pintar pada anak usia dini untuk mengembangkan kemampuan mengenal huruf kelompok B KB Baiturrahman Sukokerto Sukowono Jember? 2) Bagaimana kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini kelompok B KB Baiturrahman Sukokerto Sukowono Jember? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran media permainan balok dan roda pintar untuk mengembangkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini kelompok B KB Baiturrahman Sukokerto Sukowono Jember?
Tujuan Penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pembelajaran menggunakan media permainan balok dan roda pintar pada anak usia dini untuk mengembangkan kemampuan mengenal huruf kelompok B KB Baiturrahman Sukokerto Sukowono Jember. 2) Mendeskripsi kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini kelompok B KB Baiturrahman Sukokerto Sukowono Jember. 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran media permainan balok dan roda pintar untuk mengembangkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini kelompok B KB Baiturrahman Sukokerto Sukowono Jember.
Penelitian kualitatif ini menggunakan jenis penelitian deskriptif yang berlokasi di KB Baiturrahman Sukokerto Sukowono Jember. Penentuan subjek menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles, Huberman dan Saldana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Pembelajaran yang dilakukan di KB Baiturrahman Sukokerto Sukowono Jember mencakup beberapa langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan (kegiatan pembuka, kegiatan inti, kegiatan penutup). 2) Kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B KB Baiturrahman menunjukkan persentase kategori anak yang belum berkembang 15%, mulai berkembang 31%, berkembang sesuai harapan 46%, berkembang sangat baik 8%. 3) Evaluasi pembelajaran terdapat beberapa tahapan yaitu dengan melakukan pengamatan kegiatan anak, percakapan, tanya jawab, dan pemberian tugas. Kemudian disatukan kedalam lembar checlist perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200301 Early English Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Indana Sulfa
Date Deposited: 29 Apr 2025 02:06
Last Modified: 29 Apr 2025 02:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40462

Actions (login required)

View Item View Item