Manajemen kurikulum kepsantrenan dalam menanamkan nilai nilai islami di sekolah dasar tabita puri genteng banyuwangi

Lestari, Yesa Ayu (2025) Manajemen kurikulum kepsantrenan dalam menanamkan nilai nilai islami di sekolah dasar tabita puri genteng banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH. Acmad Siddiq Jember.

[img] Text
YESA AYU LESTARI _214101030037 (WM).pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Yesa Ayu Lestari , 2025 : Manajemen Kurikulum Kepesantrenan Dalam Menanamkan
Nilai Nilai Islami Di Sekolah Dasar Tabita Puri Genteng Banyuwangi
Kata Kunci : Manajemen Kurikulum Kepesantrenan, Nilai-Nilai Islami
Manajemen kurikulum pesantren berperan krusial dalam menanamkan nilai-nilai
islami pada peserta didik sejak usia dini. Dengan mengintegrasikan ajaran-ajaran islam
ke dalam seluruh aspek pembelajaran, kurikulum pesantren tidak hanya membekali
siswa dengan pengetahuan akademik, tetapi juga membentuk karakter yang berakhlak
mulia. Siswa diajak untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai islami seperti nilai
keimanan, ibadah, dan akhlak. Dengan demikian, sekolah dasar yang mengadopsi
manajemen kurikulum pesantren diharapkan mampu melahirkan generasi muda yang
tidak hanya cerdas, tetapi juga memiliki keimanan yang kuat dan berakhlak karimah.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan kurikulum
kepesantrenan dalam menanamkan nilai-nilai islami di Sekolah Dasar Tabita Puri
Genteng Banyuwangi? 2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum kepesantrenan dalam
menanamkan nilai-nilai islami di Sekolah Dasar Tabita Puri Genteng Banyuwangi? 3)
Bagaimana evaluasi kurikulum kepesantrenan dalam menanamkan nilai-nilai islami di
Sekolah Dasar Tabita Puri Genteng Banyuwangi.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan kurikulum
kepesantrenan dalam menanamkan nilai-nilai islami di Sekolah Dasar Tabita Puri
Genteng Banyuwangi, 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum kepesantrenan
dalam menanamkan nilai-nilai islami di Sekolah Dasar Tabita Puri Genteng
Banyuwangi, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi kurikulum kepesantrenan dalam
menanamkan nilai-nilai islami di Sekolah Dasar Tabita Puri Genteng Banyuwangi,
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian
field research (Penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data berupa observasi
partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Adapun analisis data
menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi langkah-langkah,
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji
keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil Penelitian ini adalah: 1) Perencanaan kurikulum kepesantrenan dalam
menanamkan nilai nilai islami dilakukan melalui dua tahap yakni perumusan tujuan
kurikulum sesuai visi misi sekolah dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik,
Dan perancangan strategi melalui kegiatan pembiasan yang kemudian diaplikasikan; 2)
Pelaksanaan kurikulum kepesantrenan dalam menanamkan nilai nilai islami dilakukan
dengan konsep penanaman nilai nilai tauhid, ibadah dan akhlak. Pelaksanaan kegiatan
kepesantrenan dilaksanakan rutin setiap hari selasa; 3) Evaluasi kurikulum
kepesantrenan dalam menanamkan nilai nilai islami dilakukan dengan mengukur kinerja
kurikulum kepesantrenan melalui rapat evaluasi setiap satu minggu sekali dan
pencapaian kurikulum kepesantrenan melalui lembar sikap yang telah disediakan oleh
sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yesa Ayu Lestari
Date Deposited: 29 Apr 2025 04:08
Last Modified: 29 Apr 2025 04:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40473

Actions (login required)

View Item View Item