Manajemen strategi program tugas akhir untuk meningkatkan writing skill siswa pada siswa kelas XI di sekolah menengah atas tunas luhur paiton probolinggo

Azizah, Nur (2025) Manajemen strategi program tugas akhir untuk meningkatkan writing skill siswa pada siswa kelas XI di sekolah menengah atas tunas luhur paiton probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH.Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Azizah _214101030003.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Azizah, 2025: “manajemen Strategi Program Tugas Akhir Untuk
Meningkatkan Writing Skill Siswa Pada Siswa Kelas XI di SMA Tunas Luhur
Paiton Probolinggo”
Kata Kunci: Manajemen strategi, Program Tugas Akhir, Writing Skill.
Di zaman sekarang ini kemampuan menulis sangatlah penting dalam
menyampaikan pesan dan informasi kepada orang lain secara tidak langsung.
Kemampuan menulis tersebut sangat dibutuhkan dalam konteks akademik
maupun non akademik. Dengan kegiatan menulis ini, sungguh memperluas
jangkauan komunikasi antar penulis dengan pembaca yang bukan saja untuk satu
masa dengan penulis, akan tetapi bisa berlanjut untuk lapisan pembaca yang akan
datan. Dengan diterapkannya Tugas Akhir atau sering disingkat TA merupakan
langkah awal untuk dapat belajar dalam menghadapi bangku kuliah yang akan
dihadapi, dengan adanya Tugas Akhir siswa dapat mempersiapkan diri untuk
menyelesaikan Tugas-tugas di bangku perkuliahan nanti. Program Tugas Akhir
adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya
tulis ilmiah yang berupa paparan tulisan hasil penelitian, membahas suatu
permasalahan.
Tujuan peneliti dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
Implemetasi strategi program Tugas Akhir untuk meningkatkan writing skill siswa
pada siswa kelas XI, kedua untuk mendeskripsikan evaluasi program Tugas Akhir
untuk meningkatkan writing skill siswa pada siswa kelas XI di SMA Tunas Luhur
Paiton Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
(field research) penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawanara dan dokumentasi. Mengenai analisis data menggunakan
teori dari Miles Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data, kndensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) formulasi strategi yang
dilakukan di SMA Tunas Luhur terkait program TA terdiri dari planning dimana
dalam perencanaan ini disampaikan dalam kegiatan rapat kerja terkait
perencanaan perumusan strategi program Tugas Akhir yang dilakukan selama
enam bulan sekali., penentuan visi misi, dan analisis SWOT,2) dalam
implementasi strategi manajemen program Tugas Akhir yang dilakukan di SMA
tunas Luhur Paiton ini terdapat organizing pada tahap ini SMA Tunas luhur
memberikan informasi kepada siswa melalui program matrikulasi yang dilakukan
di awal tahun ajaran baru sebelum memulai pembelajaran. actuating yang
dilakukan selain siswa bimbingan kepada guru pembimbing siswa juga diberikan
materi penulisan Tugas Akhir di setiap minggunya oleh kordinator TA, dan
controlling yang dilakukan dengan melihat blangko bimbingan siswa . 3) dan
untuk evaluasi program Tugas Akhir yang dilakukan di SMA Tunas Luhur Paiton
yaitu evaluasi masukan, evaluasi proses, dan evaluasi hasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: NUR AZIZAH
Date Deposited: 29 Apr 2025 04:17
Last Modified: 29 Apr 2025 04:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40475

Actions (login required)

View Item View Item