HASANAH, NAFIROTUL (2025) MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP GENERASI SADAR IKLIM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PANTI. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
Nafirotul Hasanah _211101030027.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nafirotul Hasanah, 2025: Manajemen Ekstrakurikuler Pendidikan Lingkungan
Hidup Generasi Sadar Iklim di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Panti.
Kata Kunci: Manajemen Ekstrakurikuler, Pendidikan Lingkungan Hidup Generasi Sadar Iklim
Di tengah krisis iklim dan perubahan sosial yang cepat, pendidikan dituntut melahirkan generasi yang peduli lingkungan dan bertanggung jawab. Ekstrakurikuler Pendidikan Lingkungan Hidup Generasi Sadar Iklim di SMP Negeri 1 Panti hadir sebagai upaya menanamkan kesadaran ekologis sejak dini. Manajemen yang efektif menjadi kunci keberlanjutan dan tercapainya tujuan pendidikan lingkungan.
Fokus penelitian dalam proposal skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan ekstrakurikuler PLH Gensalim di SMP Negeri 1 Panti? 2) Bagaimana pengorganisasian ekstrakurikuler PLH Gensalim di SMP Negeri 1 Panti? 3) Bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler PLH Gensalim di SMP Negeri 1 Panti? 4) Bagaimana evaluasi ekstrakurikuler PLH Gensalim di SMP Negeri 1 Panti?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan ekstrakurikuler PLH Gensalim di SMP Negeri 1 Panti? 2) Untuk mendeskripsikan pengorganisasian ekstrakurikuler PLH Gensalim di SMP Negeri 1 Panti? 3) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan ekstrakurikuler PLH Gensalim di SMP Negeri 1 Panti? 4) Untuk mendeskripsikan evaluasi ekstrakurikuler PLH Gensalim di SMP Negeri 1 Panti?
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan ekstrakurikuler Gensalim di SMP Negeri 1 Panti dilakukan secara sistematis dengan melibatkan kepala sekolah, pembina, dan siswa dalam penyusunan tujuan, program kerja, penjadwalan kegiatan, sarana prasarana, dan pembuatan daftar hadir. 2) Pengorganisasian ekstrakurikuler PLH Gensalim di SMP Negeri 1 Panti telah berjalan dengan baik melalui koordinasi antara kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, dan pembina, yang ditandai dengan penentuan pembina dan pembentukan struktur kepengurusan. 3) Pelaksanaan ekstrakurikuler PLH Gensalim di SMP Negeri 1 Panti melibatkan seluruh siswa kelas VII dan VIII melalui sistem perwakilan dari setiap kelas, dengan pendekatan pembelajaran yang variatif seperti ceramah, pemutaran video, dan praktik lapangan. 4) Evaluasi ekstrakurikuler Gensalim di SMP Negeri 1 Panti dilakukan melalui evaluasi internal yang dilakukan dengan absensi, observasi oleh pembina, dan rapat evaluasi, evaluasi eksternal yang melibatkan wali murid, instansi terkait, dan HPAI
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | NAFIROTUL HASANAH |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 06:27 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 06:27 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40480 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |