Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Educaplay pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Jember

candra wulan, lilik dewi (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Educaplay pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Jember. Undergraduate thesis, Universitas KIai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lilik Dewi Candra Wulan_211101040007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Pendidikan adalah proses pembelajaran yang mentransfer pengetahuan dan keterampilan dari satu generasi ke generasi berikutnya, dengan tujuan mencerahkan wawasan peserta didik sesuai dengan minat, bakat, hobi, kepribadian, dan kreativitas mereka. Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Jember, berbagai mata pelajaran diajarkan untuk meningkatkan pemahaman siswa, terutama dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Namun, di kelas 5A MIN 3 Jember, minat peserta didik terhadap mata pelajaran tersebut masih rendah, yang disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Oleh karena itu, peneliti berupaya mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis educaplay guna meningkatkan ketertarikan dan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran IPAS di MIN 3 Jember.
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu: 1) Untuk Mengetahui Penerapan dari Pengembangan Media Pembelajaran Educaplay Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember 2) Untuk mengetahui Bagaimana Kelayakan dari Pengembangan Media Pembelajaran Educaplay Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, pengisian angket, dan dokumentasi. Subjek uji coba dalam penelitian ini mencakup lembar angket validasi yang diisi oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, ahli pembelajaran atau guru, serta peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif, dengan skala Likert sebagai alat ukur dalam analisis data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media educaplay yang dikembangkan dapat diakses melalui Android dan perangkat mobile lainnya, serta dilengkapi dengan berbagai fitur interaktif seperti game, gambar, audio, dan video untuk meningkatkan pengalaman belajar. Kelayakan media ini dinyatakan sangat layak berdasarkan hasil angket yang diperoleh dari berbagai ahli, yaitu 94% dari ahli media, 90% dari ahli materi, 92% dari ahli bahasa, dan 85% dari ahli pembelajaran, yang semuanya masuk dalam kategori sangat layak. Selain itu, respon dari 26 peserta didik yang mengisi angket menunjukkan persentase 87,15%, yang mengindikasikan bahwa educaplay mendapatkan respon positif dan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: lilik dewi candra wulan
Date Deposited: 05 May 2025 04:18
Last Modified: 05 May 2025 04:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40484

Actions (login required)

View Item View Item