Upaya meningkatkan kemampuan membaca anak melalui kegiatan belajar kelompok pada kelompok B di Raudhatul Athfal Perwanida 02 Umbulsari Jember

IR ALFIKRI, - (2021) Upaya meningkatkan kemampuan membaca anak melalui kegiatan belajar kelompok pada kelompok B di Raudhatul Athfal Perwanida 02 Umbulsari Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

[img] Text
IR ALFIKRI_T20175007.pdf

Download (5MB)

Abstract

IR ALFIKRI, 2021: Upaya meningkatkan kemampuan membaca anak melalui kegiatan belajar kelompok pada kelompok B di Raudhatul Athfal Perwanida 02 Umbulsari Jember. Kemampuan ialah potensi seseorang yang merupakan bawaan sejak lahir serta dipermatang dengan adanya pembiasaan dan latihan, sehingga anak mampu melakukan sesuatu. Mengingat begitu pentingnya kemampuan membaca bagi manusia, maka kemampuan membaca perlu di ajarkan pada anak usia dini yaitu dengan berbagai media atau metode yang tepat agar supaya tidak merusak pola perkembangan anak. Di Raudhatul athfal Perwanida 02 Umbulsari ditemukan beberapa anak yang kemampuan membacanya masih belum sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan anak dengan terlihatnya masih banyak anak yang responnya kurang fokus dengan materi yang yang diberikan oleh guru. Fokus penelitian yang diteliti dala skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca anak melalui kegiatan belajar kelompok pada kelompok B di Raudhatul Athfal Perwanida 02 Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2020/2021?. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca anak melalui kegiatan belajar kelompok pada kelompok B di Raudhatul Athfal Perwanida 02 Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2020/2021?. 3) Bagaimana evaluasi peningkatan kemampuan membaca anak melalui kegiatan belajar kelompok pada kelompok B di Raudhatul Athfal Perwanida 02 Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2020/2021?. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca anak melalui kegiatan belajar kelompok pada kelompok B di Raudhatul Athfal Perwanida 02 Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) Mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca anak melalui kegiatan belajar kelompok pada kelompok B di Raudhatul Athfal Perwanida 02 Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. 3) Mendiskripsikan evaluasi peningkatan kemampuan membaca anak melalui kegiatan belajar kelompok pada kelompok B di Raudhatul Athfal Perwanida 02 Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan studi kasus. Penelitian ini dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi teknik dan sumber. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan 1) perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca anak melalui kegiatan belajar kelompok di Raudhatul Athfal Perwanida 02 Umbulsari dengan menyiapkan materi yang akan diajarkan, menentukan metode dan media yang digunakan, dan penilaian yang akan digunakan sesuai tema pada pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca anak melalui kegiatan belajar kelompok di Raudhatul Athfal Perwanida 02 Umbulsari dengan menggunakan media kartu huruf berupa kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 3) Evaluasi peningkatan kemampuan membaca anak melalui kegiatan belajar kelompok pada kelompok B di Raudhatul Athfal Perwanida 02 Umbulsari Jember yaitu cheklist penilaian harian dan catatan anekdot. Pada observasi awal terdapat 9 anak yang mulai berkembang dan 5 anak berkembang sesuai harapan, sedangkan pada observasi akhir terdapat 5 anak yang sudah berkembang sangat baik dan 9 diantaranya berkembang sesuai harapan. Kata Kunci : Kemampuan membaca, belajar kelompok, Anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 25 May 2022 02:54
Last Modified: 25 May 2022 02:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4049

Actions (login required)

View Item View Item