Pengembangan Media Snake Ladder Dalam Pembelajaran Siaga Materi Dasar Kepramukaan Kelas 3 Sekolah Dasar (SD) Nahdatul Ulama At-Taqwa Jember

Afridah, Zulfa Faiqotul (2025) Pengembangan Media Snake Ladder Dalam Pembelajaran Siaga Materi Dasar Kepramukaan Kelas 3 Sekolah Dasar (SD) Nahdatul Ulama At-Taqwa Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
REVISI SKIRPSI ZULFA PGMI 21 BARU 1 fiks (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kegiatan esktrakulikuer diselengarakan agar siswa dapat mengembangkan bakat minat dan juga nilai sikap di siplin nya siswa, terutama kegiatan estrakulikuer pramuka yang dilaksanakan di SD Nahdatul Ulama At-Taqwa Jember adalah termasuk estrakulikuler wajib gunanya untuk membentuk karakter dan pribadi kedisiplinan siswa. Akan tetapi di tingkat siaga terutama di kelas 3 minat peserta didik terhadap pramuka kurang dikarenakan penyampaian materi monoton tidak mengunakan media yang menarik dan menyenangkan. Maka dari itu, peneliti ingin mengembangkan media pada pembelajaran pramuka siaga materi dasar kepramukaan.
Rumusan masalah dari penelitian dan pengembangan ini yaitu : 1) Bagaimana pengembangan media snake ladder dalam pembelajaran siaga materi dasar kepramukaan siswa kelas 3 SD Nahdatul Ulama At-Taqwa Jember? 2) Bagaimana kelayakan media snake ladder dalam pembelajaram siaga materi dasar kepramukaan siswa kelas 3 SD Nahdatul Ulama At-Taqwa Jember?
Maka tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu : 1) Untuk mengetahui pengembangan media snake ladder dalam pembelajaran materi dasar kepramukaan pada siswa kelas 3 SD Nahdatul Ulama At-Taqwa Jember. 2) Untuk mengetahui kelayakan media snake ladder dalam pembelajaran siaga materi dasar kepramukaan pada siswa kelas 3 SD Nahdatul Ulama At-Taqwa Jember.
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang biasa disebut dengan istilah R&D atau Research and Development. Model yang digunakan pada penelitian ini yakni model ADDIE dengan tahapan Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, pengisian angket, dan dokumentasi. Subjek uji coba yang dikumpulkan pada pengembangan ini ialah lembar angket validasi oleh ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran atau guru serta peserta didik di SD Nahdatul Ulama At-Taqwa Jember. Teknik analisis data yang diambil yakni data kualitatif dan data kuantitatif dengan menggunakan skala Likert sebagai teknik analisis data.
Hasil pada penelitian yang telah dikembangkan yakni: 1) proses pengembangan media snake ladder ini adalah sebuah media yang terbuat dari sebuah papan kayu berukuran 134x134 cm yang di atas nya terdapat poster desain ular tangga dan media snake ladder ini di mainkan lengakap dengan pion-pionnya beserta dadu nya dan dimaikan secara bergantian setiap kelompok nya. 2) Adapun kelayakan media snake ladder yang telah dikembangkan dapat dikatakan layak digunakan, data ini dapat dibuktikan dengan hasil angket ahli media dengan hasil 92%dan hasil angket ahli materi 91%,serta hasil dari angket ahli pembelajaran 92% nilai ini dapat dikategorikan sangat layak. Lalu respon peseta didik berjumlah 20 siswa dengan memberikan angket setiap siswanya menunjukkan presentase 80,7% sehingga dapat dinyatakan media snake ladder ini layak dan mendapatkan respon yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: me zulfa faiqotul afridah
Date Deposited: 05 May 2025 04:14
Last Modified: 05 May 2025 04:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40491

Actions (login required)

View Item View Item