Widi Astutik, Intan (2025) Pengaruh Uuran Perusahaan dan Profitabilitas Perusahaan Terhadap CSR (Corporate Social Responcibility) Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
Intan Widi Astutik 212105030070.pdf Download (3MB) |
Abstract
Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Pengungkapan, Bursa Efek Indonesia.
Perusahaan yang baik seharusnya tidak hanya meningkatkan profit saja, tetapi juga memperhatikan lingkungan sekitarnya. Artinya, perusahaan bukan dituntut untuk fokus pada perbaikan dan peningkatan kondisi internal atau hanya mencari keuntungan semata, namun juga harus berupaya mengembangkan hubungan dengan lingkungan sosial. Dalam menjalankan operasionalnya, diperlukan tanggung jawab sosial dan kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan sosial. Dengan demikian, perusahaan tidak hanya bertanggung jawab kepada pemilik, tetapi juga kepada seluruh pihak yang berkepentingan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan sosial? Apakah profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan sosial? Dan apakah ukuran perusahaan serta profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan sosial pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)?
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan manufaktur di BEI. Ukuran perusahaan diukur berdasarkan total aset, sementara profitabilitas diukur dengan Return on Assets (ROA). Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data panel dan regresi berganda. Data sekunder diperoleh dari laporan tahunan selama tiga tahun terakhir dengan sampel sebanyak 22 perusahaan manufaktur.
Hasil analisis menunjukkan bahwa Ukuran Perusahaan memiliki t-hitung sebesar 1,581471 < t-tabel 1,9883 dan nilai signifikansi sebesar 0,004, sehingga H1 diterima dan dapat disimpulkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan sosial. Sementara itu, Profitabilitas Perusahaan memiliki t-hitung sebesar 0,016796 < t-tabel 1,9883 dengan nilai signifikansi sebesar 0,765, sehingga H2 ditolak, yang berarti profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan sosial. Hasil uji F menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan profitabilitas secara simultan mempengaruhi pengungkapan CSR sebesar 85,7%, sementara sisanya 14,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Temuan ini mengindikasikan bahwa perusahaan dengan skala lebih besar cenderung melakukan pengungkapan CSR secara lebih luas, yang berkontribusi pada peningkatan transparansi dan akuntabilitas sosial. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi empiris dalam pengembangan teori akuntansi CSR
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah |
Depositing User: | Ms Intan Widi Astutik |
Date Deposited: | 05 May 2025 01:11 |
Last Modified: | 05 May 2025 01:11 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40498 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |