A’ita Sujudillah, - (2021) Implementasi Salat Dhuha Untuk Meningkatkan Kedisiplinan dan Nilai Religius Peserta Didik di SMK As-Salafi Balung Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
A’ita Sujudillah_T20161275.pdf Download (9MB) |
Abstract
A’ita Sujudillah, 2021: Implementasi Salat Dhuha Untuk Meningkatkan Kedisiplinan dan Nilai Religius Peserta Didik di SMK As-Salafi Balung Jember. Kata kunci: Salat Dhuha, Kedisiplinan, Nilai Religius. Latar belakang masalah dalam penelitian ini, bahwa saat ini banyak sekali terjadi kenakalan di kalangan remaja, terutama kalangan para pelajar, seperti hamil diluar nikah, tawuran antar pelajar, peserta didik berani menentang pada gurunya. Sehingga penanaman nilai religius dalam diri siswa sangat diperlukan. Religius adalah sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. Kegiatan ini bagian dari usaha sekolah mendisiplinkan siswanya agar lebih disiplin, dengan pembiasaan salat dhuha ini pihak sekolah berharap semua siswa mampu membiasakan diri untuk melaksanakan ibadah salat dhuha dari masa sekolah hingga nanti setelah lulus sekolah dikemudian hari. Fokus penelitian ini 1) Bagaimana implementasi salat dhuha dalam meningkatkan kedisiplinan pada siswa di SMK As-Salafi Balung Jember ? 2) Bagaimana implementasi salat dhuha dalam meningkatkan nilai religius pada siswa di SMK As-Salafi Balung Jember ? Tujuan penelitian ini 1) Mendeskripsikan implementasi salat dhuha dalam meningkatkan kedisiplinan pada siswa di SMK As-Salafi Balung Jember. 2) Mendeskripsikan implementasi salat dhuha dalam meningkatkan nilai religius pada siswa di SMK As-Salafi Balung Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu study kasus, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi , dan wawancara, sedangkan analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian 1) Implementasi salat dhuha telah dilaksanakan melalui 2 tahap yakni perencanaan dan pelaksanaan. Didalam perencanaanya guru memberikan pemahaman kepada siswa terkait impelemntasi salat dhuha kemudian perencanaanya dilakukan dengan menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk melaksanakan salat dhuha diantaranya mukenah, sarung, masjid dan tempat whudu bagi siswa. Sedangkan untuk pelaksanaanya diawali dengan membaca shalawat qurani dari pukul 06.45 dan dilanjutkan dengan salat dhuha pukul 07.00 hingga selesai. 2) Implementasi salat dhuha untuk meningkatkan nilai religius peserta didik yang diawali dengan penanaman keislaman kepada siswa, salah satunya dengan melaksanakan sunnah-sunnah Nabi yakni salatdhuha. A’ita Sujudillah, 2021: Implementasi Salat Dhuha Untuk Meningkatkan Kedisiplinan dan Nilai Religius Peserta Didik di SMK As-Salafi Balung Jember. Kata kunci: Salat Dhuha, Kedisiplinan, Nilai Religius. Latar belakang masalah dalam penelitian ini, bahwa saat ini banyak sekali terjadi kenakalan di kalangan remaja, terutama kalangan para pelajar, seperti hamil diluar nikah, tawuran antar pelajar, peserta didik berani menentang pada gurunya. Sehingga penanaman nilai religius dalam diri siswa sangat diperlukan. Religius adalah sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. Kegiatan ini bagian dari usaha sekolah mendisiplinkan siswanya agar lebih disiplin, dengan pembiasaan salat dhuha ini pihak sekolah berharap semua siswa mampu membiasakan diri untuk melaksanakan ibadah salat dhuha dari masa sekolah hingga nanti setelah lulus sekolah dikemudian hari. Fokus penelitian ini 1) Bagaimana implementasi salat dhuha dalam meningkatkan kedisiplinan pada siswa di SMK As-Salafi Balung Jember ? 2) Bagaimana implementasi salat dhuha dalam meningkatkan nilai religius pada siswa di SMK As-Salafi Balung Jember ? Tujuan penelitian ini 1) Mendeskripsikan implementasi salat dhuha dalam meningkatkan kedisiplinan pada siswa di SMK As-Salafi Balung Jember. 2) Mendeskripsikan implementasi salat dhuha dalam meningkatkan nilai religius pada siswa di SMK As-Salafi Balung Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu study kasus, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi , dan wawancara, sedangkan analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian 1) Implementasi salat dhuha telah dilaksanakan melalui 2 tahap yakni perencanaan dan pelaksanaan. Didalam perencanaanya guru memberikan pemahaman kepada siswa terkait impelemntasi salat dhuha kemudian perencanaanya dilakukan dengan menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk melaksanakan salat dhuha diantaranya mukenah, sarung, masjid dan tempat whudu bagi siswa. Sedangkan untuk pelaksanaanya diawali dengan membaca shalawat qurani dari pukul 06.45 dan dilanjutkan dengan salat dhuha pukul 07.00 hingga selesai. 2) Implementasi salat dhuha untuk meningkatkan nilai religius peserta didik yang diawali dengan penanaman keislaman kepada siswa, salah satunya dengan melaksanakan sunnah-sunnah Nabi yakni salatdhuha. A’ita Sujudillah, 2021: Implementasi Salat Dhuha Untuk Meningkatkan Kedisiplinan dan Nilai Religius Peserta Didik di SMK As-Salafi Balung Jember. Kata kunci: Salat Dhuha, Kedisiplinan, Nilai Religius. Latar belakang masalah dalam penelitian ini, bahwa saat ini banyak sekali terjadi kenakalan di kalangan remaja, terutama kalangan para pelajar, seperti hamil diluar nikah, tawuran antar pelajar, peserta didik berani menentang pada gurunya. Sehingga penanaman nilai religius dalam diri siswa sangat diperlukan. Religius adalah sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. Kegiatan ini bagian dari usaha sekolah mendisiplinkan siswanya agar lebih disiplin, dengan pembiasaan salat dhuha ini pihak sekolah berharap semua siswa mampu membiasakan diri untuk melaksanakan ibadah salat dhuha dari masa sekolah hingga nanti setelah lulus sekolah dikemudian hari. Fokus penelitian ini 1) Bagaimana implementasi salat dhuha dalam meningkatkan kedisiplinan pada siswa di SMK As-Salafi Balung Jember ? 2) Bagaimana implementasi salat dhuha dalam meningkatkan nilai religius pada siswa di SMK As-Salafi Balung Jember ? Tujuan penelitian ini 1) Mendeskripsikan implementasi salat dhuha dalam meningkatkan kedisiplinan pada siswa di SMK As-Salafi Balung Jember. 2) Mendeskripsikan implementasi salat dhuha dalam meningkatkan nilai religius pada siswa di SMK As-Salafi Balung Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu study kasus, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi , dan wawancara, sedangkan analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian 1) Implementasi salat dhuha telah dilaksanakan melalui 2 tahap yakni perencanaan dan pelaksanaan. Didalam perencanaanya guru memberikan pemahaman kepada siswa terkait impelemntasi salat dhuha kemudian perencanaanya dilakukan dengan menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk melaksanakan salat dhuha diantaranya mukenah, sarung, masjid dan tempat whudu bagi siswa. Sedangkan untuk pelaksanaanya diawali dengan membaca shalawat qurani dari pukul 06.45 dan dilanjutkan dengan salat dhuha pukul 07.00 hingga selesai. 2) Implementasi salat dhuha untuk meningkatkan nilai religius peserta didik yang diawali dengan penanaman keislaman kepada siswa, salah satunya dengan melaksanakan sunnah-sunnah Nabi yakni salatdhuha.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 25 May 2022 02:54 |
Last Modified: | 25 May 2022 02:54 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4050 |
Actions (login required)
View Item |