IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA PROGRAM SISTEM KREDIT SEMESTER LULUS 2 TAHUN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 02 JEMBER

Trisni Hertika, Reni (2025) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA PROGRAM SISTEM KREDIT SEMESTER LULUS 2 TAHUN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 02 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Reni Trisni Hertika_212101030042.pdf

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK

Reni Trisni Hertika, 2025: “Pengelolaan Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar Guru Program Sistem Kredit Semester Lulus 2 Tahun di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember”
Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kualitas Mengajar Guru, Program SKS Lulus 2 Tahun.
Di zaman sekarang ini kualitas mengajar guru sangatlah denting dalam meningkatkan kecerdasan sumber daya manusia, kualitas pendidikan akan dipengaruhi dari kinerja seorang pendidik, akan tetapi kinerja guru juga dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya yakni pengawasan dari kepala madrasah. Maka dari itu sangat penting bagi negara memfasilitasi pendidikan yang layak. Salah satu contoh fasilitas kepada peserta didik yang memiliki bakat, kemampuan dan kecerdasan diatas rata rata yang disebut dengan program Sistem Kredit Semester. Yang mestinya haruslah dilakukan pengawasan terhadap kemampuan guru dan proses pembelajarannya melalui kegiatan supervisi akademik,.
Fokus Penelitian ini 1. Bagaimana penerapan supervisi akademik di madrasah tsanawiyah negeri 02 jember ? 2. Apa faktor penghambat dan faktor pendukung pelaksanaan supervisi akademik di Madrasah Tsnawiyah Negeri 02 Jember ? . Tujuan peneliti dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru program sistem kredit semester lulus 2 tahun di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember , kedua untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung kegiatan supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru program sistem redit semester lulus 2 tahun di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif degan jenis penelitian (field research) penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Mengenai analisis data menggunakan teori dari Miles Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) pengelolaan supevisi akademik dalam meningkatkan kulitas mengajar guru program sistem kredit semester Di MTs Negei 2 Jember dilakukan melalui 3 tahapan, yakni proses perencanaan untuk melakukan analisis awal terkait hal yang akan disupervisi, menentukan jadwal supervisi dan memilih instrumen supervisi, kemudian tahap pelaksanaan dilakukan dengan melakukan observasi kelas serta menilai perangkat pembelajaran guru, terakhir tahap evaluasi tindak lanjut dilakukan untuk mengevaluasi hal hal apa saja yang menjadi kendala atau permasalah guru 2) faktor penghambat dan faktor pendukung supervisi akademik dalam meningkatkan kualitas mengajar guru program sistem kredit semester di MTs Negeri 2 Jember yakni alokasi waktu yang selalu menjadi penghambat dalam kegiatan supervisi, tentang bentroknya jadwal supervisi dengan tugas dinas dan terbatasnya waktu supervisi akan tetapi yang menjadi faktor pendukung agar supervisi tetap berjalan lancar yakni SDM yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Depositing User: Reni Trisni Hertika
Date Deposited: 30 Apr 2025 07:09
Last Modified: 30 Apr 2025 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40511

Actions (login required)

View Item View Item