Anugerah Aini, Yuni (2025) Pengelolaan Kegiatan Bermain Peran Makro Untuk Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak Kelompok A Di TK Salafiyah Syafi'iyah Ajung Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
![]() |
Text
Yuni Anugerah Aini_212101050026.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kata kunci: bermain peran makro, meningkatkan rasa percaya diri
Salah satu aspek yang perlu dikembangkan sejak usia dini adalah aspek sosial
emosional. Aspek sosial emosional adalah salah satu tahap awal dalam kematangan
hubungan interaksi sosial yang cukup berpengaruh terhadap anak dalam berinteraksi
dengan lingkungan. Indikator capaian dari aspek sosial emosional diantaranya yaitu rasa
percaya diri. Percaya diri adalah sikap yang membangun dirinya berinteraksi di dalam
kehidupan masyarakat. Rendahnya rasa percaya seperti perasaan takut salah, keraguan
akan kemampuan diri, dan kurang dalam bergaul akan mempengaruhi proses belajar
dan beradaptasi di lingkungan baru.
Adapun Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan kegiatan
bermain peran makro untuk mengembangkan rasa percaya diri anak kelompok A di
TK Salafiyah Syafi’iyah Ajung Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan bermain
peran makro untuk mengembangkan rasa percaya diri anak kelompok A di TK
Salafiyah Syafi’iyah Ajung Jember? 3) Bagaimana evaluasi kegiatan bermain peran
makro untuk mengembangkan rasa percaya diri anak kelompok A di TK Salafiyah
Syafi’iyah Ajung Jember?.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan
bagaimana perencanaan kegiatan bermain peran makro untuk mengembangkan rasa
percaya diri anak kelompok A di TK Salafiyah Syafi’iyah Ajung Jember. 2) Untuk
menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan kegiatan bermain peran
makro untuk mengembangkan rasa percaya diri anak kelompok A di TK Salafiyah
Syafi’iyah Ajung Jember. 3) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana
evaluasi kegiatan bermain peran makro untuk mengembangkan rasa percaya diri anak
kelompok A di TK Salafiyah Syafi’iyah Ajung Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi
kasus. Lokasi penelitian dilakukan di TK Salafiyah Syafi’iyah Ajung Jember. Data
dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data memakai
model Miles, Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Implementasi kegiatan bermain peran makro
diawali dengan guru membuat modul ajar. 2) Pelaksanaan kegiatan bermain peran
makro yaitu guru menjelaskan tema dan tugas-tugas bermain peran yang akan
dilakukan, guru membagikan peran kepada masing-masing anak, dan kemudian anak
dikumpulkan dalam satu tempat yang telah disiapkan untuk melaksanakan bermain
peran. 3) Evaluasi kegiatan bermain peran menggunakan teknik assessment berupa
observasi, sedangkan Instrument assessment menggunakan catatan anekdot, ceklis,
dan hasil karya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Yuni Anugerah Aini |
Date Deposited: | 05 May 2025 02:38 |
Last Modified: | 05 May 2025 02:38 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40539 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |