Analisis pengaruh fear of missing out (FOMO), intensitas media sosial, serta tingkat pendapatan terhadap perilaku konsumtif pada kalangan generasi Z di Kabupaten Jember

Permatasari, Intan (2025) Analisis pengaruh fear of missing out (FOMO), intensitas media sosial, serta tingkat pendapatan terhadap perilaku konsumtif pada kalangan generasi Z di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Intan Permatasari_212105020067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Era digital yang semakin maju, media sosial telah menjadi platform utama bagi generasi muda untuk berinteraksi dan berbagi informasi, namun juga memicu kecemasan akan ketinggalan yang dikenal sebagai FOMO. Fenomena ini berpotensi mendorong perilaku konsumtif yang tidak sehat, di mana individu merasa tertekan untuk mengikuti tren dan membeli barang yang tidak diperlukan.
Rumusan Masalah pada skripsi ini adalah : 1) Apakah terdapat pengaruh secara parsial antara Fear of Missing Out (FOMO) terhadap perilaku konsumtif pada Generasi Z? 2) Apakah terdapat pengaruh secara parsial antara intensitas penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumtif pada Generasi Z? 3) Apakah terdapat pengaruh secara parsial antara tingkat pendapatan terhadap perilaku konsumtif pada Generasi Z? 4) Apakah Fear of Missing Out (FOMO), intensitas penggunaan media sosial, dan tingkat pendapatan secara simultan memengaruhi perilaku konsumtif pada Generasi Z ?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis pengaruh FOMO terhadap perilaku konsumtif Generasi Z. 2) Untuk mengidentifikasi dampak intensitas media sosial terhadap perilaku konsumtif Generasi Z. 3) Untuk menilai pengaruh tingkat pendapatan terhadap perilaku konsumtif Generasi Z. 4) Untuk mengevaluasi interaksi antara FOMO, intensitas media sosial, dan tingkat pendapatan dalam mempengaruhi perilaku konsumtif.
Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Teknik mengumpulkan data menggunakan kuesioner berbasis inline, yakni G-Form. Penelitian menggunakan analisis data uji asumsi klasik, uji hipotesis, serta analisis regresi linier berganda.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Fear Of Missing Out (FOMO) secara signifikan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif pada kalangan generasi Z di kabupaten jember. 2) Intensitas Media social secara signifikan tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif pada kalangan generasi Z di kabupaten jember. 3) Tingkat Pendapatan secara signifikan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif pada kalangan generasi Z di kabupaten jember. 4) Fear Of Missing Out (FOMO), Intensitas Media Sosial, serta Tingkat Pendapatan berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap Perilaku Konsumtif pada kalangan generasi Z di kabupaten jember.
Kata Kunci : FOMO, Pendapatan, Media Sosial, Konsumtif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080602 Computer-Human Interaction
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140303 Economic Models and Forecasting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Intan Permatasari
Date Deposited: 06 May 2025 06:15
Last Modified: 06 May 2025 06:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40547

Actions (login required)

View Item View Item