Utami, Rizka Amalia (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Flipbook Terhadap Motivasi Belajar IPS Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Bondowoso Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Rizka Amalia Utami _211101090013.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (18MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi siswa pada saat pembelajaran berlangsung terutama dalam mata pelajaran IPS di MTsN 02Bondowoso. Salah satu faktor yang melatar belakangi rendahnya motivasi belajar yaitu siswa kurang tertarik dengan materi IPS karena kurangnyapemahaman tentang keterkaitan materi tersebut dengan kehidupan nyata. Melihat kondisi ini, peneliti percaya bahwa rendahnya motivasi belajar siswa juga disebabkan oleh kurangnya variasi dalam penggunaan media pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti mendukung gagasan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis informasi dan teknologi (IT) akan bermanfaat. Pemanfaatan media digital yang tersedia di smartphone, seperti media pembelajaran Flipbook, diharapkan
dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran Flipbook terhadap motivasi belajar IPS di MTsN 02 Bondowoso. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran Flipbook terhadap motivasi belajar IPS
di MTsN 02 Bondowoso.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen jenis Nonequivalent Control Group design. populasi yang diambil pada penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII C 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan random class sampling, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner/ angket, sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji Paired sampel test. Data dianalisis
menggunakan bantuan software SPSS versi 25. Hasil dari uji paired sampel t-test menunjukkan nilai signifikan yaitu 0,00
yang lebih rendah dari taraf signifikansi 0,05. oleh karena itu hipotesis nol (H0)ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Artinya, terdapat pengaruh dari penggunaan media pembelajaran Flipbook terhadap motivasi belajar IPS. Selain
itu, skor rata-rata angket motivasi belajar siswa yang menggunakan media berbasis Flipbook di kelas eksperimen, yaitu 87,31 lebih tinggi daripada rata-ratadi kelas kontrol yang mencapai 81,17.
Kata Kunci: media berbasis Flipbook, motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | - |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Rizka Amalia Utami |
Date Deposited: | 05 May 2025 06:22 |
Last Modified: | 05 May 2025 06:22 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40558 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |