Magfiroh, Afifah Nurul (2025) PEMANFAATAN GAME EDUKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMPN 6 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
AFIFAH NURUL MAGFIROH_T214101090011.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Afifah Nurul Magfiroh,2025 : Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall untuk
Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di
SMP Negeri 6 Jember tahun Pelajaran 2024/2025.
kata kunci : Game Edukasi, Wordwall, Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial
Pembelajaran yang berhasil dapat dilihat dari bagaimana suasana
pembelajaran di dalam kelas antara pendidik dan peserta didik. Penggunaan
media pembelajaran yang konvensional dan tidak bervariasi menyebabkan siswa
tidak bersemangat dan akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kebiasaan
siswa dalam bermain game online juga menjadi penyebab utama siswa malas
dalam belajar maupun pada saat pembelajaran di dalam kelas. Refleksi seorang
guru sangat diperlukan untuk bisa meningkatkan kembali hasil belajar siswa.
Berdasarkan permasalahan di atas, adapun fokus penelitian ini adalah :
Bagaimana pemanfaatan game edukasi Wardwall dalam pembelajaran IPS untuk
meingkatkan hasil belajar di SMPN 6 Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pemanfaatan game edukasi wordwall untuk meningkatkan hasil
belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan
jenis penelitian Kemmis & MC Taggrat, Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian
menggunakan lembar observasi belajar siswa dan tes soal. Kemudian analisis data
menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa tahap
pra siklus diperoleh nilai rata-rata 56,6 dengan ketuntasan klaksikal 12,12%, pada
siklus I diperoleh rata-rata 66,12 dengan ketuntasan klaksikal 48,48%, dan pada
siklus II diperoleh rata-rata 84,54 dengan ketuntasan klaksikal 84,84%. Dari hasil
tersebut terbukti bahwa pembelajaran IPS dengan memanfaatkan game edukasi
wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Afifah Nurul Magfiroh |
Date Deposited: | 05 May 2025 06:15 |
Last Modified: | 05 May 2025 06:15 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40564 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |