Pengembangan Buku Saku Berbasis Literasi Sains pada Materi Pemanasan Global untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII.

SEZY SILVIYA NINGSIH, - (2021) Pengembangan Buku Saku Berbasis Literasi Sains pada Materi Pemanasan Global untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

[img] Text
SEZY SILVIYA NINGSIH_T201710029.pdf

Download (20MB)

Abstract

Sezy Silviya Ningsih, 2021: Pengembangan Buku Saku Berbasis Literasi Sains pada Materi Pemanasan Global untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII. Kata Kunci: Buku saku, literasi sains, pemanasan global. Pemanasan global merupakan materi yang membahas tentang isu-isu global dan dapat melibatkan peserta didik dalam mengambil keputusan serta memecahkan masalah. Hal ini juga harus ditingkatkan mengenai literasi sains peserta didik agar dapat menjawab tantangan di abad ke-21. Namun literasi sains peserta didik kelas VII masih tergolong rendah dan diakibatkan beberapa faktor seperti minat baca peserta didik yang masih kurang karena bosan dengan buku yang disediakan di sekolah,lebih suka belajar di tempat yang sepi, tidak dapat berkonsentrasi jika belajar di tempat yang berisik. Akan tetapi peserta didik tertarik dengan materi yang berhubungan dengan aktivitas sehari-hari. Salah satu solusi yang dapat mengatasi hal tersebut adalah mengembangkan buku yang menarik dan mempermudah peserta didik salah satunya buku saku. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan validitas buku saku berbasis literasi sains pada materi pemanasan global untuk siswa SMP/MTs Kelas VII, 2) Mendeskripsikan respons peserta didik terhadap pengembangan buku saku berbasis literasi sains pada materi pemanasan global untuk siswa SMP/MTs VII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian pengembangan 4-D (Define, Design, Develop dan Dissiminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket validasi dan angket respons peserta didik. Validasi dilakukan oleh validator materi, validator media dan pengguna (guru). Uji respons peserta didik melalui dua tahap yaitu uji coba skala kecil dilakukan oleh 6 peserta didik dan uji coba skala besar dilakukan oleh 30 peserta didik. Berdasarkan hasil validasi oleh para ahli terhadap buku saku berbasis literasi sains, menyatakan, kevalidan materi sebesar 92,38%, kevalidan media sebesar 94,28%, dan pengguna (guru) 89,71%. Hal ini menunjukkan tingkat validitas buku saku berbasis literasi sains dinyatakan sangat valid dengan presentase rata-rata dari ketiga validator sebesar 92,12%. Hasil respons peserta didik skala kecil sebesar 96,45%. Skala besar 88,24% menunjukkan respons peserta didik sangat menarik terhadap pengembangan buku saku berbasis literasi sains pada materi pemanasan global untuk siswa SMP/MTs kelas VII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 25 May 2022 02:57
Last Modified: 25 May 2022 02:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4059

Actions (login required)

View Item View Item