Pengaruh Peninggalan Megalitik Batu Katak Sebagai Sumber Belajar IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di SMPN 2 Tamanan Bondowoso Tahun Pelajaran 2024/2025

Humairoh, Hasna Daria (2025) Pengaruh Peninggalan Megalitik Batu Katak Sebagai Sumber Belajar IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di SMPN 2 Tamanan Bondowoso Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hasna Daria Humairoh_211101090037 digilib.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Hasna Daria Humairoh, 2025: Pengaruh Peninggalan Megalitik Batu Katak sebagai Sumber Belajar IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di SMPN 2 Tamanan Bondowoso Tahun Pelajaran 2024/2025
Kata Kunci: Peninggalan Megalitik Batu Katak, Sumber Belajar, Hasil Belajar
Pada proses pembelajaran IPS yang diterapkan di SMPN 2 Tamanan cenderung kurang bervariasi baik dalam sumber belajar, model dan media pembelajaran yang digunakan sehingga minat belajar siswa rendah dan berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa. Pembelajaran yang diterapkan biasanya menggunakan model konvensional berpusat pada guru (Teacher Centered Learning) sehingga siswa hanya mendengarkan dan merasa bosan ketika pembelajaran akibatnya hasil belajar yang diperoleh rendah. Hasil belajar yang diperoleh dari nilai rata rata penilaian tengah semester banyak nilai rata-rata hasil belajar tersebut dibawah kriteria ketuntasan (≤75). Seperti pada kelas VII B rata rata nilai hasil belajar mata pelajaran IPS yakni 61,5 dan kelas VII C rata rata nilai hasil belajar siswa yakni 55,6. Diketahui dari data nilai hasil belajar tersebut dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih rendah dibawah kriteria ketuntasan minimal. Oleh karena itu perlu adanya evaluasi guna meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya menerapkan pembelajaran dengan memanfaatkan Peninggalan Megalitik Batu Katak sebagai sumber belajar IPS. Diharapkan hal ini dapat menciptakan pembelajaran yang menarik, nyata, dan bermakna sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar.
Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui Apakah terdapat pengaruh peninggalan Megalitik Batu Katak sebagai sumber belajar IPS terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 2 Tamanan Bondowoso Tahun Pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy-Experiment. Desain penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah Non- Equivalent Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas, uji reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda.
Hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan Independent Sample T-test berdasarkan nilai N-Gain Score yang memperoleh nilai sig (2-Tailed) sebesar 0,001. Maka data tersebut menunjukkan bawa nilai signifikan < 0,05 sehingga Hipotesis nol (H0) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya terdapat pengaruh peninggalan Megalitik Batu Katak sebagai sumber belajar IPS terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 2 Tamanan Bondowoso Tahun Pelajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: TA Hasna Daria Humairoh
Date Deposited: 05 May 2025 06:41
Last Modified: 05 May 2025 06:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40607

Actions (login required)

View Item View Item