Aulia, Farzana (2025) Pengembangan bahan ajar handbook berbasis kearifan lokal adat banyuwangi tarian seblang olehsari pada pembelajaran pendidikan pancasila di kelas IV SDN 5 kebondalem banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
FARZANA MIZA AULIA_213101040004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (23MB) |
Abstract
Kata Kunci : Pengembangan Bahan Ajar, Handbook, Tarian Seblang Olehsari, Pembelajaran Pendidikan Pancasila
Bahan ajar adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar sehingga makna pesan yang disampaikan menjadi lebih jelas. Proses pembelajaran yang tidak menggunakan bahan ajar menyebabkan pembelajaran tidak maksimal. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SDN) 5 Kebondalem Banyuwangi cenderung guru berpacu pada buku lks saja, penggunaan bahan ajar/media sangat jarang sekali, selain itu kurangnya membaca dan akses buku yang monoton hanya tulisan. Maka dari itu perlu dikembangkan bahan ajar handbook berbasis kearifan lokal adat banyuwangi tarian seblang olehsari pada pembelajaran pendidikan pancasila materi keberagaman sosial dan budaya, dengan tujuan agar siswa lebih tertarik dalam belajar dan membaca karena didalam handbook tidak hanya tulisan tetapi banyak gambar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana proses pengembangan bahan ajar handbook berbasis kearifan lokal adat banyuwangi tarian seblang olehsari? 2. Bagaimana kelayakan bahan ajar handbook berbasis kearifan lokal adat banyuwangi tarian seblang olehsari? 3. Bagaimana kepraktisan peserta didik terhadap bahan ajar handbook berbasis kearifan lokal adat banyuwangi tarian seblang olehsari?. Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk menghasilkan produk dan mengetahui proses mengembangkan bahan ajar handbook berbasis kearifan lokal adat banyuwangi tarian seblang olehsari. 2. Untuk mengetahui kelayakan bahan ajar handbook berbasis kearifan lokal adat banyuwangi tarian seblang olehsari. 3. Untuk mendeskripsikan kepraktisan bahan ajar handbook berbasis kearifan lokal adat banyuwangi tarian seblang olehsari.
Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi).Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Adapun hasil penelitian ini : 1) produk yang dikembangkan yaitu bahan ajar handbook berbasis kearifan lokal adat banyuwangi tarian seblang olehsari yang berisi materi terkait keberagaman sosial dan budaya yang memuat gambar-gambar menarik, materi, latihan soal. 2) Hasil validasi bahan ajar handbook berbasis kearifan lokal adat banyuwangi tarian seblang olehsari mendapatkan hasil ahli media 91,42%, Ahli materi 92,5%, dan Ahli bahasa 82,5% dengan hasil rata-rata 88,80 % . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar handbook berbasis kearifan lokal adat banyuwangi tarian seblang olehsari pada pembelajaran pendidikan pancasila materi keberagaman sosial dan budaya menurut kriteria dan ketentuan sangat layak dan sangat valid, sehingga media tersebut dapat diterapkan atau digunakan pada proses pembelajaran. 3) Hasil kepraktisan oleh pendidik/guru diperoleh 90% (sangat praktis), dan siswa diperoleh 85,5% (sangat praktis) dengan hasil rata-rata 87,75% (sangat praktis)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160803 Race and Ethnic Relations 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220207 History and Philosophy of the Humanities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miza Farzana Aulia |
Date Deposited: | 06 May 2025 02:03 |
Last Modified: | 06 May 2025 02:03 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40629 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |