Pembelajaran Kitab Hujjah Ahlussunnah Wal Jamaah Dalam Menginternalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Pondok Pesantren Darus Sholah Tegal Besar Jember

Robi’ah Al Adawiyah, - (2021) Pembelajaran Kitab Hujjah Ahlussunnah Wal Jamaah Dalam Menginternalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Pondok Pesantren Darus Sholah Tegal Besar Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Robi’ah Al Adawiyah_ T20171099.pdf

Download (13MB)

Abstract

Robi’ah Al Adawiyah, 2021: Pembelajaran Kitab Hujjah Ahlussunnah Wal Jamaah Dalam Menginternalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Pondok Pesantren Darus Sholah Tegal Besar Jember Kata Kunci: Kitab Hujjah Ahlussunnah wal Jamaah, Internalisasi, Moderasi Beragama Upaya pencegahan radikalisme agama tidak boleh setengah-setengah. Sebagai pendidik, harus mengoptimalkan gerakan radikalisasi mulai dari lingkungan rumah, sekolah, dan pergaulan peserta didik. Pondok Pesantren Darus Sholah yang terletah di JL. Moh. Yamin No. 25 Kedungpiring, Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Menjadi wadah atau naungan untuk mengokohkan pendirian dan keyakinan para santri supaya ketika lulus dari pondok pesantren tersebut dapat membawa bekal selama dipondok untuk bisa melindungi diri mereka dalam paham-paham yang radikalis. Fokus Penelitian ini adalah: 1) bagaimana perencanaan pembelajaran kitab Hujjah Ahlusunnah wal Jamaah dalam menginternalisasai nilai-nilai moderasi beragama di pondok pesantren Darus Sholah Jember, 2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Hujjah Ahlussunnah wal Jamaah dalam menginternalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui di pondok pesantren Darus Sholah Jember, 3) bagaimana evaluasi pembelajaran kitab Hujjah Ahlussunnah wal Jamaah dalam menginternalisasi nilai-nilai moderasi beragama di pondok pesantren Darus Sholah Jember. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: 1) perencanaan pembelajaran kitab Hujjah Ahlusunnah wal Jamaah di pondok pesantren Darus Sholah Jember, 2) pelaksanaan pembelajara kitab Hujjah Ahlussunnah wal Jamaah di pondok pesantren Darus Sholah Jember, 3) evaluasi pembelajaran kitab Hujjah Ahlussunnah wal Jamaah di pondok pesantren Darus Sholah Jember. Adapun pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan. Lokasi penelitian adalah SMP Al-Furqan Jember. Metode pengambilan subyek penelitian menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun hasil penelitian yang didapatkan penulis, yaitu: 1) terdapat tujuan yang melatarbelakangi adanya pembelajaran kitab Hujjah Ahlussunnah wal Jamaah tersebut, juga terdapat RPP sederhana dari pengajar sebagai bentuk perencanaan sebelum mengajar, 2) terdapat metode, materi, dan sumber belajar dalam pelaksanaan pembelajaran kitab Hujjah Ahlussunah wal Jamaah, serta internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui materi kitab Hujjah Ahlussunnah wal Jamaah itu pengajar memberikan soft skill kepada santri dengan mengaitkannya pada kehidupan sehari-hari, 3) terdapat evalusi proses dan hasil pada pembelajaran kitab Hujjah Ahlussunnah wal Jamaah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 25 May 2022 02:58
Last Modified: 25 May 2022 02:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4063

Actions (login required)

View Item View Item