Arroyyani, Putri (2025) Optimalisasi layanan bimbingan dan konseling melalui aplikasi Gempur sebagai sarana pengaduan siswa di sekolah menengah atas negeri 1 rogojampi taruna budaya banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
PUTRI ARROYYANI-211101030051.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Putri Arroyyani, 2021: Optimalisasi Layanan Bimbingan dan Konseling Melalui
Aplikasi GEMPUR Sebagai Sarana Pengaduan Siswa di Sekolah Menengah Atas
Negeri 1 Rogojampi Taruna Budaya Banyuwangi.
Kata Kunci: layanan bimbingan dan konseling, aplikasi GEMPUR, sarana
pengaduan
Layanan bimbingan dan konseling adalah layanan yang diberikan sekolah
sebagai pemberian bantuan kepada siswa. Pada perkembangannya, layanan
bimbingan dan konseling dipengaruhi oleh kemajuan teknologi dan informasi yang
mana dulu pemberian layanan kepada klien harus dilakukan secara langsung, kini
dengan kecanggihan teknologi bimbingan konseling dapat dilakukan secara online
dengan aplikasi. Salah satunya aplikasi GEMPUR yang dibuat oleh SMAN 1
Rogojampi Taruna Budaya Banyuwangi.
Fokus penelitian pada skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan
penerapan layanan bimbingan dan konseling melalui aplikasi Gempur sebagai
sarana pengaduan siswa di SMAN 1 Rogojampi Taruna budaya Banyuwangi? 2)
Bagaimana pelaksanaan penerapan layanan bimbingan dan konseling melalui
aplikasi Gempur sebagai sarana pengaduan siswa di SMAN 1 Rogojampi Taruna
budaya Banyuwangi? 3) Bagaimana evaluasi penerapan layanan bimbingan dan
konseling melalui aplikasi Gempur sebagai sarana pengaduan siswa di SMAN 1
Rogojampi Taruna budaya Banyuwangi?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan perencanaan
penerapan layanan bimbingan dan konseling melalui aplikasi Gempur sebagai
sarana pengaduan siswa di SMAN 1 Rogojampi Taruna budaya Banyuwangi. 2)
untuk mendeskripsikan perencanaan penerapan layanan bimbingan dan konseling
melalui aplikasi Gempur sebagai sarana pengaduan siswa di SMAN 1 Rogojampi
Taruna budaya Banyuwangi. 3) untuk mendeskripsikan perencanaan penerapan
layanan bimbingan dan konseling melalui aplikasi Gempur sebagai sarana
pengaduan siswa di SMAN 1 Rogojampi Taruna budaya Banyuwangi.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi terus terang atau tersamar, wawancara
semi terstruktur dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data Miles dan
Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa 1) perencanaan penerapan
layanan bimbingan dan konseling melalui aplikasi Gempur diawali dengan analisis
kebutuhan dan penyusunan SOP. 2) pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling
melalui aplikasi Gempur diawali dengan peluncuran dan sosialisasi. Pada
pelaksanaannya menerapkan asas kerahasiaan dan fungsi pengentasan. 3) evaluasi
layanan bimbingan dan konseling melalui aplikasi Gempur menggunakan evaluasi
proses yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan telah sesuai
dengan tujuan yang telah ditetapkan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Putri Arroyyani |
Date Deposited: | 06 May 2025 01:43 |
Last Modified: | 06 May 2025 01:43 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40646 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |